Review

Inilah Rangkaian Acara Hari Jadi ke-375 Kabupaten Bandung




Rangkaian Acara Hari Jadi ke-375 Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung lahir melalui Piagam Sultan Agung Mataram, yaitu pada tanggal 9 bulan Muharram tahun Alif atau sama dengan hari Sabtu tanggal 20 April 1641 Masehi. Bupati pertamanya adalah Tumenggung Wiraangunangun (1641-1681 M). Dari bukti sejarah tersebut ditetapkan bahwa 20 April sebagai Hari Jadi Kabupaten Bandung

UPDATE: Rangkaian Event Hari Jadi ke-376 Kabupaten Bandung Tahun 2017

Pada Rabu, 20 April 2016, Kabupaten Bandung akan memperingati jari ke-375. Pada perayaan hari jadi tahun ini akan menghadirkan berbagai event yang tidak mengedepankan seremonial belaka. Ragam event yang akan disuguhkan pada rangkaian perayaan HUT Kabupaten Bandung tahun ini lebih memiliki makna dan bermanfaat untuk jangka panjang.

Berikut ini rangkaian event pada peringatan hari jadi ke-375 Kabupaten Bandung:

Minggu, 17 April 2016
Digelar Gerak Jalan Sabilulungsn yang akan dirangkaikan dengan sosialisai PON XIX. Kegiatan digelar pada pukul 08.00 sampai dengan selesai. Acara gerak Jalan Sabilulungan ini akan dilaksanakan di kawasan Gedong Budaya Sabilulungan.

Senin, 18 April 2016
Diadakan gladi upacara peringatan hari jadi ke-375 Kabupaten Bandung. Kegiatan bertempat di Lapangan Upakarti Pemkab Bandung

Rabu, 20 April 2016
Diadakan upacara hari jadi ke-375 Kabupaten Bandung yang akan dilaksanakan pada pukul 08.00 bertempat di Lapangan Upakarti Pemda Kabupaten  Bandung.

Jumat - Minggu, 22-24 April 2016
Akan diadakan Festival Palawija Kabupaten Bandung. Kegiatan akan digelar pada hari Jumat - Minggu bertempat di area pertanian kompleks Gedong Budaya Sabilulungan. Di sini akan dihadirkan beragam kegaiatan di antaranya, Festival Lampion, Rekor MURI Colenak, dan Pawai Jempana Hasil Tani. Acara ini akan dimulai pada pukul 19.00 sampai dengan selesai.

Masih di hari dan tanggal dibawah koordinator Kadin Kota Bandung akan diadakan juga Sabilulungan Fair 2016. Warga masyarakat yang ingin mengetahui info lowongan pekerjaan bisa datang langsung ke Bale Rame Sabilulungan. Event Sabilulungan Fair ini akan dibuka pada pukul 13.00 sampai dengan selesai.

Sabilulungan Fair ini, menurut Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bandung, Ferry Sandiana., akan diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perusahaan-perusahaan besar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempertemukan produsen, pengusaha UMKM dalam satu event.

Khusus Sabtu, 23 April 2016 akan digelar Pesta Rakyat Sabilulungan 2 di Lapangan Upakarti, Jalan al-Fathu, Area Gedong Sabilulungan. Acara akan diisi Festival Kaulinan Lembur, Jajanan Kuliner Gratis, Car Free Night, dan Hiburan Rakyat. Menutup rangkaian kemeriahan hari jadi Kab. Bandung yang ke-375 juga akan diadakan Festival Budaya dan Sabilulungan Award 2016, dibawah koordinator Disdikbud dan PHBN.

Kamis - Sabtu, 27-30 April 2016
Diadakan Lomba Tari, Lomba Pupuh, Lomba Dongeng dan masih banyak agenda lomba yang lainnya. Sedangkan pada tangggal 30 April ditutup dengan penganugerahan Sabilulungan Award 2016. Mengingat seluruh rangkaian acara akan dilaksanakan di area Pemda Kab. Bandung, kemungkinan akan ada beberapa titik kemacetan yang terjadi pada hari dan tanggal yang telah ditentukan.