Review

Panorama Savana Tegal Panjang, Primadona Alam Pangalengan




Savana Tegal Panjang Pangalengan

Inilah kawasan konservasi berupa hamparan luas padang rerumputan alias savana yang semakin ngehits di kalangan traveler, terutama di kalangan pecinta alam. Bagaimana tidak, tempat dengan luas 46,831 hektare lebih ini menyajikan panorama alam yang sungguh indah. Hamparan rumput luas menghias di antara pegunungan dan perbukitan di kawasan Pangalengan. Maka, kawasan ini pun menjadi magnet baru bagi mereka yang senang bertualang dan memotret keindahan alam. Padang rumput ini sebenarnya terletak di lembah yang diapit Gunung Kondang, Gunung Jaya, Gunung Puntang, dan Gunung Papandayan.

Paduan hamparan hijau rerumputan di sebelah utara Gunung Papandayan ini menyajikan kesejukan alam. Jika Anda mengunjungi tempat ini, dijamin ketenangan dan sensasi dibuai oleh alam akan langsung Anda rasakan. Panorama alam semakin lengkap dengan adanya aliran sungai serta orkestra alami dari kicauan burung-burung. Lokasi kawasan konservasi ini terletak di perbatasan Kab. Bandung dan Garut. Namun, untuk menuju Tegal Panjang biasa dari jalur Bandung - Pangalengan. Menurut Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 226/KPTS/1990 tanggal 8 Mei 1990, kawasan Tegal Panjang merupakan kawasan cagar alam.

Tak Kalah dengan Pemandangan Alam Eropa
Belum lagi selama perjanan menuju ke Tegal Panjang menyajikan keindahan bentangan perkebunan teh khas Pangalengan. Dan destinasi keindahan alam padang rumput Tegal Panjang. Lokasi terbuka ini menyambut para penjelajah dengan keindahan alam yang menawan. Inilah kawasan pesona  alam yang tak kalah dengan kawasan serupa di Eropa sekalipun.

Walaupun jarak Pangalengan lumayan jauh dari pusat Kota Bandung, namun kian hari kawasan savana Tegal Panjang semakin ramai dikunjungi para pecinta alam. Bukan hanya datang dari Bandung, para pengunjung pun datang dari luar Bandung hingga mancanegara. Namun untuk mengunjungi tempat ini, hal yang paling adalah Anda benar-benar ingin menjelajah dan menikmati alam. Bukan sekadar berwisata atau selfie semata. Sebab kawasan ini benar-benar harus dijaga dan dilindungi. Jangan sampai kawasan ini menjadi rusak karena kelakuan segelintir oknum pengunjung hamba selfie/wefie yang tak peduli dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Kawasan di sekitar Tegal Panjang sebetulnya termasuk hutan hujan dan masih menjadi habitat beberapa hewan seperti babi hutan, ayam hutan, lutung, dan kambing hutan. Hamparan rumput hijau begitu indah terlihat tertiup desiran angin dengan dikeliling pepohonan yang sangat asri khas pegunungan. Tersembunyi di balik gunung, lokasi yang sedang trending di Bandung selatan ini bikin para pengunjung ketagihan untuk kembali ke sana. Bagi Anda yang senang touring atau kemping, tak salah jika tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Rute ke Savana Tegal Panjang
Ada dua cara untuk mencapai Tegal Panjang, yakni jalur Gunung Papandayan dan Pangalengan. Keduanya memerlukan waktu sekitar 6 jam tracking melintasi gunung dan hutan dari desa terdekat. Jika menggunakan rute Papandayan berangkat menuju Desa Cisurupan (Garut) dan dari Pangalengan (Kab. Bandung) berangkat menuju Desa Cibatarua. Jalan tempuh lainnya Bandung - Pangalengan - Persimpangan Pabrik Teh Santosa dan Perkebunan Sedep - Kampung Panyidaganga - titip kendaraan - jalur Perkebunan Teh Sedep PTPN VIII - area hutan Tegal Panjang - savana Tegal Panjang

Atau alternatif lain, jika menggunakan kendaraan pribadi gunakan jalur keluar Tol Buah Batu - Bojongsoang - Dayeuhkolot - Banjaran - Pangalengan. Jika naik angkutan umum, bisa naik bus dari Terminal Leuwipanjang atau elfe dari Terminal Tegallega/Perempatan Jln. Moh. Toha - Jln. Soekarno-Hatta. Perjalanan dilanjutkan dengan angkutan pedesaan menuju Desa Cibatarua. Desa ini adalah desa terakhir untuk menuju Tegal Panjang dan bagi yang bawa kendaraan pribadi bisa dititip di sini.

Selanjutnya, perjalanan dari Pangalengan menuju Desa Cibutarua memakan waktu sekitar 2 jam. Turun dari angkutan desa, perjalanan dilanjutkan dengan tracking. Selama perjalanan ke Tegal Panjang, Anda akan menemukan hamparan kebun teh sampai batas kebun teh dan masuk ke perbatasan. Sebaiknya, di sini mendirikan tenda dan melanjutkan perjalanan esok harinya.

Sementara jika berkemah di savana Tegal Panjang, suasana paling menarik ketika pagi matahari terbit berpadu dengan keindahan alam yang tiada duanya. Begitu pula keindahan langit malam hari menyajikan keindahan angkasa yang masih bersih dan cocok untuk memotret keindahan alam terbuka. Memotret dengan handphone hasilnya pun akan terlihat indah. 

Tipe Menuju Savana Tegal Panjang
1. Untuk Anda yang ingin ke Tegal Panjang, sebaiknya menyiapkan waktu, tenaga, dan perlengkapan yang cukup. Bagi pelajar/mahasiswa lebih baik saat masa liburan. Perjalanan dan track lumayan jauh dan menantang. Namun, selama perjalanan tak akan bosan karena sepanjang jalur yang dilewati menyajikan rangkaian pesona alam nan indah.
2. Pos jaga hanya ada di jalur Tegal Panjang - Gunung Papandayan (dari arah Garut) dan di sini para pendaki dicatat namanya. Sementara jika dari jalur Pangalengan belum dikelola pengelola resmi dari pihak Kabupaten Bandung maupun dari Pangalengan sendiri. Namun pengunjung tetap harus melalui prosedur surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) dan komitmen pengunjung untuk menjaga lingkungan di lokasi.
3. Jangan lupa bawa perlengkapan dan persediaan makanan yang cukup. Anda bisa memakai pakaian dan sepatu gunung karena udara Pangalengan terkenal dingin dan track yang dilalui pun harus melintasi gunung, lembah, dan hutan. Juga pakai topi, ini berguna saat melintas perkebunan teh yang lumayan terik.
4. Bisa juga dengan menggunakan jasa tour and travel di Bandung atau menyewa angkutan umum untuk sampai di Desa Cibutarua, Pangalengan.
5. Jangan sungkan untuk menanyakan lokasi savana Tegal Panjang pada penduduk sekitar di Pangalengan/Desa Cibutarua. Anda dituntut untuk mengenal jalur ke kawasan savana ini. Jika perlu, tak ada salahnya menggunakan jasa guide penduduk sekitar.
6. Estimasi perjalanan:
 a. Dari Terminal Leuwi Panjang/Perempatan Jln. Moh. Toha ke Pangalengan sekitar 2 jam.
 b. Pangalengan ke Desa Cibutarua sekitar 2 jam.
 c. Desa Cibutarua ke pintu hutan/perbatasan kebun sekitar 3 jam.
 d. Tracking pintu hutan ke Tegal Panjang sekitar 3 jam.
7. Untuk mendirikan tenda, spot yang paling bagus di sebelah barat (dekat pinggir hutan) yang berbatasan dengan savana. Tempatnya agak tinggi dan tidak terlalu jauh ke sungai. Di lokasi ini pula tempat paling bagus buat memandang secara jelas hamparan savana berikut cekungan dan jalur sungai yang melintasi padang rumput. Lokasi tenda memang harus di luar area savana agar tidak merusak rerumputan yang ada di sana. Disarankan kepada setiap pengunjung untuk saling mengingatkan jika ada tindakan pengunjung lain yang berpotensi menganggu kelestarian alam di sini.
8. Saat mau tidur, simpan makanan di dalam tenda/carrier agar tidak memancing babi hutan mendatangi tenda.
9. Jika dari jalur Pangalengan - savana Tegal Panjang, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan lintas alam ke Gunung Papandayan. Dari Gunung Papandayan rute pulang bisa melalui jalur Cisurupan, Garut.
Jangan mengambil apapun selain gambar. Jangan meninggalkan apapun selain jejak. Jangan membunuh apapun selain waktu.

- Video keindahan di Tegal Panjang tonton di sini
- Foto-foto di savana Tegal Panjang lihat di sini.