Review

Pilihan Aneka Makanan Lezat dengan Harga Terjangkau di Bandung Foodtruck




Komunitas Bandung Foodtruck

Jika Anda ingin menjajal kuliner Bandung lain daripada yang lain, bisa mencoba makan sambil nongkrong di spot tertentu. Anda bisa pesan makanan di dapur berjalan, yakni kuliner ala Bandung Foodtruck. Inilah komunitas penjaja kuliner di Bandung yang namanya makin berkibar. Komunitas pertama di Indonesia ini didasari bukan melulu urusan bisnis, namun ada semangat persatuan di dalamnya. Hal ini terlihat saat beberapa kali tim Wisata Bandung menyambangi "sarang" Bandung Foodtruck di Jln. Lombok no. 10, tepatnya di area Stadion Siliwangi.

Kebersamaan, itulah yang menjadi ciri komunitas pengusaha kuliner berjalan ini. Bukan hanya itu, unsur kedekatan antara konsumen dengan pengelola foodtruck pun terasa akrab. Beda halnya dengan kita makan di restoran atau rumah makan konvensional: datang, makan, bayar, pergi. Di sini, selain bisa menjajal aneka kuliner yang tersedia di aneka foodtruck, kita pun bisa kongkow bareng para pengelola alias tidak ada jarak. Bahkan, di dunia maya pun persatuan para pengusaha foodtruck ini terasa. Di antara mereka biasa berbagi informasi seputar event yang mereka jadikan sebagai ajang menjual makanan.

Aneka Pilihan Kuliner
Menuru Rezha Noviana, Ketua Bandung Foodtruck, komunitas ini berdiri pada 3 Maret 2014. Ide berjualan kuliner dengan konsep dapur berjalan ini diawali di Braga Culinary Night. Saat itu, Rezha yang mempunyai brand makanan Wild Wings bersama lima temannya, yakni Lele (Nomad), Ghilman (Dimsumsoe), Seto (Litte White Café), Irvan (McDuren), dan Themfuck (Baso Mas Tato) sepakat mendirikan Bandung Foodtruck.

Untuk Wild Wings menyediakan sayap ayam dengan aneka bumbu, seperti chili cheese, smokey barbeque, honey deglace, lime o lime, blackpepper, dan 6 bumbu lainnya. Satu porsi berisi 6 potong sayap ayam. Foodtruck milik Rezha Noviana ini dapat dijumpai di Mouton, Jalan Gandapura 56.  Lalu ada juga Waroeng Tansu dimana menu andalannya ada ketan susu dengan es krim durian, ketan susu green tea, dan ketan susu es krim ovomatine kitkat oreo. Bagi Anda penyuka rasa asin akan dimanjakan dengan menu ketan bakar sosis bratwurst kornet pedas, juga ketan bakar mushroom and cheese yang menggugah selera. Waroeng Tansu biasa mangkal di Jln. Ambon (depan GOR Saparua) dan Jalan Cibeunying no. 33.

Untuk hal kreativitas olahan kuliner, foodtruck memang tak kalah dengan kuliner konvensional. Ada aneka menu kuliner lainnya yang kita bisa nikmati. Misalnya, kita bisa menikmati bakso Basmi Lapar alias Bakso Balap yang biasa nongkrong di area Stadion Siliwangi. setiap Selasa - Minggu dari siang sampai malam. Ada pula sajian lainnya dari McDuren yang menyediakan aneka kuliner duren dengan rasanya yang ajib banget. Selain foodtruck, McDuren ini membuka pula lapak di Jln. Cikapundung Barat.

Untuk yang suka roti, ada Panini yang menyediakan roti lapis khas Italia. Panini menyajikan menu favorit seperti tuna melt panini, ciabatta panini, dan cuban panini.  Bagi yang suka camilan, ada Cireng Galing Nyinden. Di sini tersedia cireng dengan beragam rasa: terasi, cengek (cabai rawit), keju, kencur, oncom, kornet, kari dan rendang. Cireng unik ini bisa ditemui di halaman Screamous, Jalan Trunojoyo. Selain nama-nama tersebut, ada juga menu khas lainnya dari setiap foodtruck. Silakan, bisa Anda cari dan coba lainnya di lokasi mangkal Komunitas Bandung Foodtruck di area Stadion Siliwangi.

Mangkal di Lokasi Event dan Beberapa Kawasan di Seputaran Bandung
Untuk urusan harga, makanan dan minuman yang dijajakan foodtruck ala Bandung tersebut, tersedia dari berbagai kategori dengan harga ekonomis berkisar dari Rp5 ribu sampai Rp40 Ribu. Dan semua makanan tidak ada yang sama. Dari makanan yang unik, makanan ringan, hingga makanan berat tersedia.

Untuk menarik para pengunjung mereka memodifikasi kendaran mereka seunik mungkin. Paduan warna warni yang meriah menjadi ciri khas mereka. Sementara untuk tempat mangkal, bukan hanya di area Stadion Siliwangi atau tempat maneuh (lokasi tetap) masing-masing. Para pegiat kuliner berjalan ini biasa pula dijumpai di event-event atau di titik-titik tertentu, seperti di Jln. Dago, Jln. Diponegoro, Monumen Perjuangan Jawa Barat, hingga kawasan kampus di Jatinangor. Maklum saja, truk dapur berjalan ini tersebar di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, juga Cimahi. Nah, bagi yang ingin tahu info dimana saja Bandung Foodtruck ini mangkal, bisa cek di akun Instagram-nya.

Komunitas Bandung Foodtruck
- Jln. Lombok No. 10 (Stadion Siliwang)
- Plaza Dago
* Mangkal dari pukul 10.00 - 21.00 WIB

Kontak:
- Telepon: 081222400302
- E-mail: foodtruckbandung@gmail.com
- Instagram: @bdgfoodtruck