Review

Arena Rekreasi Petualangan Keluarga di Tamada, Ciparay




Wisata Tamada Pacet Ciparay Kabupaten Bandung

Bagi Anda yang tengah mencari tempat wisata berkonsep petualangan keluarga, tempat ini bisa menjadi pilihan. Untuk menjangkau tempat wisata Tamada All Age Adventure, dari arah Terminal/Alun-Alun Ciparay terus ke atas ke arah Cikoneng (SPBU Cikoneng ke arah atas). Lokasi tempat wisata ini tepatnya berada di Kampung Babakan Cilandak RT 02 RW 07, Desa. Cipeujeuh, Kec. Pacet, Kab. Bandung. Tempat wisata ini didirikan pada 19 Agustus 2009. Nah, bagi sekolah Play group/PAUD, TK, atau SD yang sedang mencari tempat liburan bersama bagi murid-muridnya datanglah ke tempat ini.

Awalnya, tempat wisata keluarga ini dibangun untuk memenuhi rekreasi lingkungan terdekat sekitar Ciparay. Namun, semakin ke sini, peminatnya berkembang begitu pesatnya. Akhirnya, tempat wisata ini pun menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Bandung. Kata Tamada ini diambil dari nama dua orang anak perempuan ibu Hilda dan nama ibu Hilda sendiri, yaitu Ita, Ima dan Hilda. Diambil nama akhirnya saja dan menjadi Tamada.

Dengan konsep tempat wisata rekreasi dan pendidikan, di sini anak anak dan semua umur bisa menjajal aneka wahana. Anak-anak bisa bermain dengan tidak menghilangkan kegembiraannya dalam bermain. Anak-anak bisa bermain di lingkungan alam dimana wahana yang disediakan benar-benar menyatu dengan alam. Aneka wahana permainan sebagian besar digeralkan secara manual hingga nuansa alami dan kekeluargaan begitu terasa.

Tak heran jika tempat wisata ini biasa ramai dikunjungi anak-anak play group/PAUD sampai dengan SD sederajat. Bukan hanya anak-anak, tempat wisata andalan di Ciparay ini pun biasa ramai oleh kegiatan gathering maupun outbond karyawan perusaaan, lembaga pemerintah, hingga acara keluarga seperti reuni, syukuran, ulang tahun dan kegiatan berkumpul lainnya.

Fasilitas di Tamada
Di sini, ada beragam fasilitas untuk wahana bermain anak sampai area untuk pertemuan di antaranya:
1. Flying fox dengan tinggi 7 meter, panjangnya 40 meter, kuat tali kurang lebih 1,8 Ton. Wahana ini bisa digunakan oleh anak-anak dan dewasa.
2. ATV dan Motorcross
3. Camp Perjuangan, wahana ini menggunakan alat-alat yang sedikit modern, dan dirancang untuk membangkitkan keberanian anak-anak. Dalam camp perjuangan terdapat 7 permainan anak dan kesemuanya dirancang agar anak menjadi pemberani. Diantaranya, panjat-panjat, rayap-rapap dan lain-lain.
4. Sepeda Joly-joly, sepeda ini dirancang oleh tim dari Tamada dan dibantu oleh sarjana lulusan ITB. Ini diperuntukan untuk semua umur, bahkan orang tua pun bisa menggunakannya.
5. Perahu, digunakan hanya untuk anak-anak, bisa berdua atau bertiga.
6. Traker, wahana ini perlu penyesuaian untuk pengunjung, karena ini merupakan sepeda yang alat mengayunnya didepan dekat dengan bannya, dan posisinya pun agak mirip. Namun, anak-anak tidak perlu khawatir, karena bisa dibantu oleh pemandunya.
7. Arena Balita, di dalam wahana ini ada mandi bola, mobil batrei, dan sepeda.
8. Perosotan, ayunan dan futsal mini. Wahana ini tidak memakai biaya tambahan, pengunjung hanya membayar masuk Tamada, dan bebas memakai wahana ini.
9. Villa dan kolam renang Untuk vila yang memuat kurang lebih 50 orang. Fasilitanya ada dapur dan kamar mandi, kamar belum disediakan
10. Kolam renang, diperuntukan untuk anak-anak dengan kedalaman 40 centimeter dan 1 meter.

Kegiatan anak-anak sangat menyenangkan di sini, dimana tersedia kolam tangkap ikan, kegiatan mengecat, sporider, membentuk benda 3D, dan lainnya. Sementara untuk orang tua yang mengantar anak ada juga tempat makan yang nyaman sambil melihat anak anak bermain. Juga ada aneka saung dengan aneka ukuran tempat keluarga rehat. Sementara untuk pertemuan yang melibatkan jumlah peserta banyak ada ruang aula.

Tamada All Age Adventure
Jln. Raya Pacet KM. 6, Kp. Babakan Cilandak RT 02 RW 07
Desa Cipeujeuh,Kec. Pacet, Kabupaten Bandung
Jam operasional: pukul 7.30 - 17.30 WIB
Kontak:
- 0813 9481 6000 
- 0813 2063 5000

Price List:
- Paket Rekreasi RA/PAUD/TK lihat di sini
- Paket Rekreasi SD/MI lihat di sini