Review

Event Bandung Lautan Onthel 6 - 8 Mei 2016




Bandung Lautan Onthel 6-8 Mei 2016

Inilah best vintage bicycle festival in the world, 6-8 Mei 2016, dihelat di Bandung. 9000 lebih pesepeda onthel bakal memenuhi Bandung pada tanggal tersebut. Event tersebut akan menjadi ajang yang ditunggu-tunggu warga Bandung dan wisatawan. Inilah kesempatan para wisatawan yang sedang liburan long wekeend di Bandung untuk melihat dan mengabadikan event para onthelis tersebut.

Berlokasi di Gudang Persediaan PT KAI Jln. Sukabumi No. 20 Bandung [lihat lokasi] bakal dipenuhi ribuan sepeda onthel. Dilansir dari situs Kementerian Pariwisata, Indonesia.travel, acara ini diperkirakan akan dihadiri lebih dari 20 ribu onthelis dari seluruh Indonesia dan mancanegara. Event ini akan dihadiri pula para ahli sepeda, perwakilan komunitas sepeda di seluruh dunia, serta beberapa duta besar negara pendukung.

Pada tanggal 6 Mei pembukaan welcome guest dan meet and greet. Sedangkan pada Sabtu, 7 Mei akan digelar acara utama yakni opening ceremony, musik rakyat, onthel lumping, photo contest, rally onthel, dan acara lainnya. Sementara pada Minggu, 8 Mei akan digelar pawai budaya, karnaval onthel, fashion show dan sebagainya. Adapun pada hari terakhir tersebut, juga ada agenda kegiatan bersepeda sepanjang 20 km menelusuri kawasan bersejarah di Kota Bandung bersama Istri Gubernur Jawa Barat, Netty Heryawan.

Kegiatan ini juga menghadirkan penjualan onderdil sepeda kuno terbanyak beserta kostum unik terbanyak yang jarang digelar selama ini. Dalam rangkaian acara ini, suguhan unik dan menarik bakal hadir dari aksi teatrikal Bandung Lautan Api di mana akan ada dentuman bunyi lodong (meriam tradisional dari bambu) dan bunyi petasan. Ada juga adegan peperangan yang diiringi pembacaan naskah. Aksi teatrikal tersebut menggambarkan bagaimana suasana peperangan saat peristiwa Bandung Lautan Api 1946.

Dihadiri Onthelis dari Daerah Lain dan Mancanegara
Selain untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, kegiatan Bandoeng Laoetan Onthel juga digelar untuk memperingati hari lahir Paguyuban Sapedah Baheula Bandoeng. Selain itu, juga untuk mempererat tali silaturahmi di antara para onthelis se-Indonesia dan melibatkan komunitas onthel dunia.

Bandoeng Laoetan Onthel akan dihadiri pula oleh onthelis dari beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Belanda, Jerman dan Rusia. Event ini dihadiri juga kolektor serta ahli sepeda klasik dunia, antara lain Andre Koopmans, Jos Rietveld, Theo de Kogel dan Otto Beajoun.