Review

Festival Baso Juara 2016, Ajang Promosi Potensi Wisata Kuliner Bandung




Festival Baso Juara 2016 Cikapundung Bandung

Bikin bingung jadinya jika 40 lebih stand baso yang terkenal enak ngumpul di satu tempat. Ya, Festival Baso Juara yang digelar di Jln. Cikapundung Timur (Jln. Ir. Sukarno) Bandung menghadirkan wisata kuliner Bandung lain dari biasanya. Saat masuk ke tempat festival baso ini, pengunjung disambut deretan stand baso yang punya ciri khas masing-masing. Tak sedikit para pengunjung yang kebingungan memilih mana baso yang mau dipesan. Semuanya enak-enak.

Sebelumnya, pengunjung yang hendak membeli baso harus membeli voucher senilai Rp5.000 sampai Rp50.000. Ini sebagai alat transaksi dengan para pedagang baso karena pengunjung tidak diperkenankan untuk membayar dengan uang tunai langsung.  Deretan stand baso yang hadir ternyata bukan hanya dari Bandung.

Ada baso yang didatangkan dari Solo dan kota lainnya di Jawa Barat. Aneka variasi baso pun mengundang selera. Bukan hanya baso kuah biasa, di event ini pun ada baso tahu, dimsum, batagor, ramen, cuankie, mie kocok, baso bakar, hingga mie ayam. Untuk minuman, di sini ada yang berkeliling menjual air mineral dan teh botol. Kebetulan salah satu sponsornya adalah perusahaan teh botol terkemuka di Tanah Air.

Dikunjungi Wisatawan dari Berbagai Daerah
Para pengunjung bisa langsung memesan baso dan memakannya di tempat. Disediakan tempat-tempat duduk, walau memang harus bergiliran. Terlihat di stand-stand yang hadir ada Mie Baso Banda, Mie Kocok Holis, Baso Cak Masrur, Mie Kocok & Baso Ahmad, Mie Tegallega, Baso Simponi, Baso Duren, Baso Mymo, Baso Kelapa Muda, Baso Tasik Bu Lely, dan yang lainnya.

Para pengunjung yang datang ternyata banyak juga dari luar kota. Ini terlihat dari rombongan bus yang parkir di depan Jln. Cikapundung Timur (ex Gedung Palaguna Nusantara). Saat Wisata Bandung mewawancarai sebagian pengunjung, yang datang ada dari Kebumen, Jambi, Kalimantan, Bogor, Subang, Cirebon, Jakarta, Malaysia, Singapura, hingga para bule pun terlihat asyik mencicipi baso.

Selain diisi stand-stand pedagang baso, di lokasi event pun terlihat panggung besar di area Cikapundung Riverspot. Kebetulan waktu tim Wisata Bandung berkunjung di hari kedua (Minggu, 29 Mei 2016) sedang digelar pasanggiri jaipongan. Kegiatan pameran kuliner ini mampu menyajikan wajah lain potensi bisnis makanan yang ada di Kota Bandung.

Dan baso merupakan salah satu unggulan wisata kuliner di Kota Kembang ini. Dan event ini pun menjadi sarana promosi para pedagang untuk menggaet pelanggan di tempat jualan baso mereka di wilayah masing-masing. Sambil melayani pesanan, tak sedikit mereka yang membagikan brosur dan kartu nama profil usaha basonya kepada pembeli.

Video Festival Baso Juara tonton di sini.