Review

Inilah Rangkaian Kegiatan HUT Ke-70 Kodam III/Siliwangi




Rangkaian Acara HUT ke 70 Kodam III Siliwangi 2016

Komando Daerah Militer III/Siliwangi (Kodam III/Siliwangi) merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. 5 hari setelah proklamasi, pada 22 Agustus 1945, pemerintah membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). Jawa Barat waktu itu kebagian membentuk Komandemen-I TKR yang membawahkan 3 divisi. Divisi-I meliputi Keresidenan Banten dan Bogor (bermarkas di Serang), Divisi-II meliputi Keresidenan Jakarta dan Cirebon (bermarkas di Linggarjati, dan Divisi-III meliputi Keresidenan Priangan (bermarkas di Bandung).

Pada tanggal 20 Mei 1948, ketiga divisi tersebut disatukan menjadi "Divisi Siliwangi" dan bermarkas di Tasikmalaya. Nama Siliwangi terus dipertahankan dan momentum pemilihan nama "Siliwangi" pertama kali, 20 Mei menjadi hari jadi Kodam III/Siliwangi.


Adapun logo/badge Siliwangi yang dipakai oleh setiap prajurit Siliwangi di seragam dinasnya merupakan hasil karya dari seorang pelukis terkenal bernama Barli yang waktu itu tinggal di Tasikmalaya. Sejarahnya bermula ketika pecah perang Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945-1950. Dimana pada saat itu Panglima Divisi Siliwangi Kolonel A.H. Nasution memerintahkan Mayor Lubis untuk mencari seorang pelukis guna mendesain Logo Siliwangi/Badge Siliwangi.kemudian Logo Siliwangi tersebut kemudian dijahit oleh penjahit keturunan Tionghoa yaitu Bapak Emay pemilik "Emay Tailor" di Jln. Stasiun No. 29 Tasikmalaya.

Tahun ini, Kodam dengan motto "Esa Hilang, Dua Terbilang" ini akan memperingati hari jadinya yang ke-70. Beberapa event bakal digelar untuk memperingati HUT Kodam III/Siliwangi. Event-event tersebut juga merupakan ajang silaturahmi Kodam III/Siliwangi dengan masyarakat.

Bisa Diikuti Masyarakat
“Sebelum tanggal 20 Mei akan ada berbagai rangkaian kegiatan, rangkaian kegiatan akan dimulai pada 14 Mei mendatang, diantaranya Goes bersama Pangdam, Gubernur dan Walikota dengan jarak 20 km dari Makodam hingga Cikapundung,” papar Koordinator Acara HUT ke-70 Kodam III/ Siliwangi, Letkol Infantri Rudy Mohamad Ramadhan.

Salah satu kegiatan yang akan digelar adalah mancing akan dilakukan di sepanjang Sungai Cikapundung, dengan membendung sungai tersebut di Cikapundung River Spot. Untuk mancing disiapkan 1 ton ikan yang akan dimasukkan ke dalam Sungai Cikapundung sebelum di pancing oleh peserta.

Bagi masyarakat yang akan mengikuti rangkaian kegiatan HUT ke-70 Kodam III/ Siliwangi khususnya untuk acara Gowes (fun bike) bisa mendaftarkan diri ke Koramil terdekat dengan menyertakan foto copy KTP untuk ditukar dengan voucher. Pendaftarannya sendiri gratis alias tidak dipungut biaya.

Sebelumnya, dalam rangka HUT ke-70 Kodam III/Siliwangi, ratusan warga RW 07 Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar bersama Koramil 1801/Astanaanyar melaksanakan kerja bakti membersihkan Sungai Citepus, Rabu (4/5/2016). Kerja bakti tersebut langsung dipimpin Danramil Astanaanyaar Mayor CAJ Ratih Fitria.

Jadwal Rangkaian Kegiatan
Berikut ini rangkaian event yang bakal digelar dalam rangka peringatan HUT ke-70 Komando Daerah Militer (Kodam) III/ Siliwangi:

Fun Bike (Gowes)
Hari, tanggal: Sabtu, 14 Mei 2016
Waktu: pukul 05.00 - 08.00
Lokasi: Makodam III Siliwangi Jalan Aceh no. 69 Bandung [Start] - Gedung Asia Afrika [Finish]

Pesta Rakyat
Hari, tanggal: 20 Mei 2016
Waktu:
pukul 10.00 - 10.20
Lokasi: di Jalan DR Ir Sukarno (Cikapundung)

Siliwangi 10 K
Hari, tanggal: Minggu 15 Mei 2016
Lokasi: Bale Pare Kota Baru Parahyangan
Waktu: pukul 06.30 - 07.30

Donor Darah
Hari, tanggal: Senin, 16 Mei 2016
Lokasi: Aula Manunggal Siliwangi
Waktu: pukul 08.00 - Selesai

Operasi Katarak

Hari/ Tgl: Selasa, 17 Mei 2016
Lokasi: Rumah Sakit Dustira
Waktu:
pukul 08.00 - Selesai
* Ket: Peserta masyarakt kurang mampu, daftar ke Koramil terdekat

Karya Bakti dan Pembagian Sembako
Hari, tanggal: Rabu, 18 Mei 16.
Lokasi: Yon Zipur 3 Dayeuh kolot.
Waktu:
pukul 08.00 - selesai

Bazar Murah
Hari, tanggal: Kamis, 19 Mei 2016
Lokasi: Makodam III/Siliwangi
Waktu:
pukul 07.00 - selesai

Ziarah

Lokasi: Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra
Waktu: pukul 07.00 - selesai

Acara Puncak HUT Kodam III/Siliwangi

Hari, tanggal: Jumat, 20 Mei 2016