Review

Jelajah Wisata Kuliner di Bandung




Kuliner Bandung Paling Enak 2016

Menghabiskan liburan di Bandung rasanya tak lengkap jika tidak sambil hunting kuliner. Fun, fashion, dan food merupakan ciri khas wisata di Bandung. Jika Anda sudah fun ke tempat wisata sekalian cari fashion ke factory outlet atau distro, waktunya cari-cari makanan. Malam hari bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengisi perut. Suasana Bandung memang akan semakin terasa di malam hari. Hawa dingin yang menyelimuti Bandung begitu asyik sambil keliling-keliling seputaran Bandung.

Ya, daripada terus-terusan di dalam hotel/penginapan sebaiknya coba hunting kuliner di malam hari. Bagi yang bawa kendaraan pribadi jangan lupa siapkan peta digital dalam smartphone Anda. Jelajah wisata kuliner malam hari di Bandung bisa lebih asyik dibanding siang atau sore hari. Maklum saja, jalanan di Bandung siang dan sore hari kerap dilanda kemacetan. Nah, pada malam hari biasanya ruas jalan di Bandung terbilang lancar jaya. Walau kadang ada beberapa titik kemacetan namun tidak terlalu parah dibanding sore hari.

Beberapa kawasan yang bisa Anda jadikan target untuk wisata kuliner di seputaran Bandung, di antaranya:

1. Kawasan Ciumbuleuit - Lembang - Jln. Dipatiukur
Untuk Bandung utara, cobalah ke kawasan Puncak Ciumbuleuit atau biasa disebut Punclut. Di sini pada malam hari biasanya ramai dengan wisatawan yang memburu kuliner sambil memandang Bandung dari ketinggian. Anda dan keluarga atau kawan-kawan bisa ngaso sambil menikmati aneka makanan khas Sunda di saung-saung yang ada di sini.

Jika ingin menjajal ke tempat lain di kawasan Bandung utara, bisa ke daerah Alun-alun Lembang. Dari Punclut tinggal bablas ke Pasar Panorama, Lembang. Di Lembang, Anda bisa menikmati ayam bakar, jagung bakar, atau ketan bakar. Di area ini sekarang banyak tempat kuliner malam hari yang menyajikan aneka makanan khas setempat seperti sate kelinci, susu, atau tahu panas.

Masih kurang puas? Coba berkunjung juga ke daerah Jln. Dipatiukur. Di jalan dekat Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) banyak berjejer penjaja makanan. Lokasinya membentang dari Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ( Monju) hingga daerah stopan Dago ke area atas dan bawah.

2. Kawasan Jln. Asia Afrika - Jln. Cikapundung
Ini yang biasanya menjadi target para wisatawan berburu kuliner. Lokasi kuliner malam hari yang bisa Anda sambangi salah satunya Bubur Ayam PR (depan Hotel Savoy Homann/kantor Harian Umum Pikiran Rakyat). Jika ingin ngumpul bareng, bisa ke Jalan terusan ABC - Jln. Banceuy, di sini ada Ayam Penyet Surabaya, Mie Jogja Pak Karso, dan di tempat sebelum belokan Jln. Braga (depan Cikapundung River Spot) dikenal Warung Ceu Mar. Atau Anda bisa beli kopi legendaris Bandung, Kopi Aroma. Anda bisa juga ke Jln. Cikapundung Barat (seberang tugu globe KAA) yang menjajakan aneka kuliner konsep kaki lima. 

3. Kawasan Jln. Naripan - Jln. Veteran
Atau, Anda pun bisa menjajal kuliner ke arah Jln. Naripan (Gedung Bank BJB ke arah timur) ada Classic Cafe & Resto, Kedai Kopi 170, Kedai  Nyonya Rumah, Warung Nasi Ganefo, dan lainnya. Satu lagi pusat kuliner ada di Jln. Kejaksaan (mie baso Kejaksaan)  dan Jln. Veteran (Djoeroe Masak, Warung Ciendog, bakso soun dan mie ayam Lodaya, Ikan Bakar Samarra, dll).

4. Kawasan Jln. Burangrang
Masih di pusat kota ke arah timur, dari Alun-alun bisa ke arah Pasar Kosambi yang menjual aneka makanan olahan seperti martabak. Dari Pasar Kosambi bisa ke arah selatan yakni ke Jln. Burangrang. Di sinilah surganya kuliner Bandung pada malam hari. Kuliner Bandung yang terkenal di sini ada Batagor Riri, Martabak San Francisco, Martabak Tropica, Little White Cafe, roti bakar, bakso malang, Sedep Malem, Ngopi Doeloe, Giggle Box, Ayam Goreng Suharti, dan masih banyak lagi. Pilihan sesuai selera Anda dari restoran, cafe, hingga kaki lima lengkap di sini.

Di sekitaran  Jln. Burangrang pun banyak  tempat kuliner, seperti mie kocok Mang Dadeng di dekat RS Muhammadiyah (Jln. Ahmad Dahlan/seberang Hotel Horison). Sentra kuliner dekat sini pun ada di Jln. Lengkong Kecil dan Lengkong Besar. Di Jln. Lengkong Kecil ada mie kocok Lengkong (dekat SMAN 7) serta di Jln. Lengkong Besar ada: batagor dan baso tahu Abuy, Atmosphere Cafe, dan cabang brownies kukus Amanda (dekat tugu pertigaan). Bahkan hingga ke daerah Buah Batu berjejer aneka kuliner yang buka hingga tengah malam.

5. Kawasan Jln. LLRE Martadinata (Jln. Riau)
Di sinilah titik pusat yang sangat dikenal wisatawan. Sepanjang jalur Jln. Riau pusatnya belanja fashion dan hunting kuliner. Untuk kuliner, di sini biasa buka sampai tengah malam. Dari arah barat ke timur jalan ini ada: Iga Bakar si Jangkung (depan Hotel Santika),  Warung Sangrai dan Heritage Food Market (Jln. Banda/dekat Studio Foto Jonas), Misbar Resto, Dakken Coffe & Steak, Ayam Madu SiBangkong, Richeese Factory, Paviliun Sunda (dekat belokan Jln. Cimanuk), Dimsum Warung Indung, Fabrik Eatery & Bar, Mayasari, Bober Cafe (dekat belokan Jln. Cihapit), Karnivor, Kedai Kandang, Riau Biscuit, Nasi Kalong, Ma Uneh (Jln. Taman Pramuka), Cafe Bali, dan lain-lain.

6. Kawasan Stasiun Bandung
Di sini dikenal dengan kuliner malam hari. Beberap tempat yang layak Anda coba di antaranya: Sate Hadori, perkedel bondon, lontong kari (Jln. Kebon Jukut/dekat Gedung Pakuan), mie kocok Kebon Jukut, molen Kartika Sari, dsb. Sementar di Jln. Kebon Kawung (stasiun utara) ada kue Mayasari, RM Sambara, Kampiun Bistro Bandung, Bubur Ayam Priangan, Toko Kue Denhaag, Abon Sapi Bu Broto, Rumah Makan Ampera, Baso Ceker Ayam Pak Hasan, dan lainnya. Jika ingin makan di area terbuka dengan banyak tenant makanan, bisa ke Paskal Food Market yang ada di sebelah barat Stasiun Bandung.