Review

Kurangi Polusi, Pemkot Bandung Akan Hadirkan Bus Listrik




Bus Listrik Bandung

Kemacetan merupakan  pemandangan sehari-hari  di  Kota  Bandung. Apalagi bila menghadapi akhir pekan, jalan-jalan di Kota Bandung penuh  sesak dengan berbagai jenis kendaraan sehingga arus lalu lintas kerap   mampat di setiap sudut kota.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung saat ini berupaya keras mencari solusi untuk mengurangi kemacetan di jalanan. Salah satunya dengan rencana pengadaan moda transportasi massal untuk mengurangi  penggunaan kendaraan pribadi.

Setelah sebelumnya mewacanakan pembangunan kereta gantung dan light rail transit, Pemerintah Kota Bandung pun berencana menyediakan bus listrik bagi warga Kota Bandung. Bus ini nantinya akan beroperasi di 13 koridor bus Trans Metro Bandung (TMB). Setidaknya tiga hingga lima bus akan didatangkan untuk melayani penumpang di koridor TMB itu.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi di Balai Kota Bandung, Jl. Wastukancana. Menurut Didi, selain akan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan, bus listrik  merupakan  salah satu upaya untuk mengurangi  polusi di jalanan.

Saat ini Pemkot Bandung memang berupaya untuk menerapkan konsep transportasi ramah lingkungan, seperti yang sukses dilakukan di beberapa negara, seperti Korea Selatan. Pemkot Bandung secara bertahap  akan  membangun ecotransportion ini  di  Kota Kembang, sehingga mengurangi efek gas rumah kaca.

"Saat ini tengah penjajakan. Ada satu BUMN, yakni Perum PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta) yang  mengajukan penawaran," kata Didi, belum lama ini.