Review

Masyarakat Lebih Mudah Mendapatkan Layanan Bank dengan Laku Pandai BJB BiSA




Layanan Laku Pandai Bank BJB BiSA

Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) merupakan peraturan baru yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keungan (OJK). Adapun bank yang menyelenggarakan Laku Pandai dapat menyediakan produk tabungan, pembiayaan untuk nasabah mikro, asuransi mikro, dan/atau produk keuangan lainnya berdasar persetujuan OJK.

Laku Pandai BJB BiSA
Dan Bank BJB merupakan salah satu bank penyelenggara Laku Pandai dengan call name "BJB BiSA". Adapun tagline layanan Laku Pandai Bank BJB ini yakni "BiSA transaksi apa saja, dimana saja, kapan saja, dan siapa saja". Pada Selasa (24/5/2016) Bank BJB meluncurkan layanan Laku Pandai "BJB BiSA" dengan peresmian yang digelar di Lapangan Bola Wirabakti, Desa Cikandang, Kec. Cikajang, Kabupaten Garut. Peresmian dihadiri Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Ilya Avianti, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 2 Jawa Barat Sarwono, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan, dan Direktur Komersial Suartini.

Layanan Keungan Tanpa Kantor
Sebagai bagian pendukung dari program ini, Bank BJB akan merekrut 1000 agen. Adapun segmentasi agen terbagi menjadi dua jenis yaitu Perorangan (Petani, Nelayan, Perangkat Desa, Pensiunan, Guru, Ibu Rumah Tangga, Pedagang, Bidan dan sebagainya) dan yang Berbadan Hukum (Koperasi, Kelompok Tani/Nelayan, BumDes, Perusahaan/Instansi sesuai dengan ketentuan OJK).

Untuk perekrutan agen, dilakukan assesment (penilaian), serta fit and proper test. Pihak OJK sendiri tidak ikut menilai, hanya menentukan persyaratan agen. Dalam hal ini, kualifikasi agen harus lulus proses uji tuntas dari bank (penyelenggara Laku Pandai). Agen pun dapat melakukan lebih dari satu layanan bank sesuai dengan klasifikasinya.

Dengan program ini, Bank BJB akan mengakomodir kebutuhan transaksi perbankan masyarakat, baik nasabah existing maupun non-nasabah (walk in customer) di wilayah remote area. Transaksi yang dijalankan menggunakan mesin Electronic Data Capture(ED). Mesin ini dapat menjadi media transaksi realtime online.

Manfaat Layanan BJB BiSa bagi Masyarakat
Dengan menggunakan layanan Laku Pandai BJB BiSA, masyarakat dapat menggunakan layanan bank dengan lebih dekat, hemat waktu dan biaya, bertransaksi tanpa dibatasi jam kantor (hari libur), menabung dan tarik tunai dengan nominal kecil, juga mendapatkan layanan perbankan dalam suasana kekeluargaan.

Sedangkan untuk agen, dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam layanan perbankan, yaitu mencakup layanan: Pembukaan Rekening, Transaksi Setoran Tunai, Transaksi Informasi Saldo, Transaksi Pemindahbukuan, Transfer, Tarik Tunai, Pembatalan Pembukaan Rekening, mengganti PIN dan Transaksi Pembelian-Pembayaran (voucher prabayar, pembayaran telepon pascabayar, pembayaran internet, pembayaran TV berlangganan, pembayaran PDAM, pembayaran kartu kredit), dan transaksi perbankan lainnya.

Info seputar layanan Bank BJB:
BJB Call 14049
Twitter: @infobankbjb
IG : @bankbjb