Review

Ingin Menikmati Batagor Bandung Favorit Wisatawan? Inilah Tempat-Tempatnya




Batagor terkenal di Bandung

Batagor akronim dari "baso tahu goreng" termasuk kuliner jajanan khas Bandung yang banyak digemari wisatawan.  Jajanan ini dibuat dari tahu yang dilembutkan diisi adonan berbahan Ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola dengan digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay yang digoreng dan dihidangkan dengan batagor ditambah dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Batagor termasuk makanan khas masyakarat Sunda. Sama halnya seperti baso tahu atau cimol, makanan infi pun banyak dijumpai di beragam tempat dari sekolahan, tempat wisata, hingga mall. Urusan penyajian, bahan, hingga harga yang membedakan mana batagor yang sedang trending dan menjadi buruan para wisatawan. Berikut ini kami sajikan beberapa tempat lokasi jualan batagor dibandung yang recommended buat Anda.

1. Batagor di Jln. Lengkong Besar
Bagi Anda yang sedang ada di pusat Kota Bandung, bisa mencoba Batagor Abuy yang ada di food court Jln. Lengkong Besar. Dari Alun-alun, ambil jalan ke arah terusan Jalan Dalem Kaum (belakang Hotel Savoy Homann) dan di perempatan ambil kiri ke arah Jalan Lengkong Besar. Beberapa meter dari stopan/sebelah kiri ada Food Court Lengkong Besar (Telepon: 022-4233249). Batagor Abuy dikenal dengan rasanya yang enak, wanginya yang harum, dan tentunya rasanya yang gurih dan rasa ikannya terasa sekali. Plus bumbu Batagor Abuy yang bikin ketagihan. Di sini juga Anda bisa mencoba makan baso tahunya.

2. Batagor di Jln. Veteran
Sementara di Jln. Veteran ada 8. Batagor Kingsley yang berlokasi di Jl. Veteran No. 25 (telepon 022- 4207104). Di sini ada sajian batagor kering, kuah, dan siomay. Di sini dijual pula aneka oleh-oleh khas Bandung. Di jalan ini pun ada Batagor Riasari (telepon 022-4264441) tepatnya di Jln. Veteran no. 42. Di sini tersedia batagor kuah dan pangsit mie ayam. Batagornya punya rasa khas ikan tenggiri. Batagornya kenyal serta renyah plus bumbu kacangnya yang lezat banget.

3. Batagor di Jln. Burangrang
Sementara jika Anda sedang cari makanan di daerah Jl. Burangrang, di sini ada juga Batagor Burangrang. Alamat lengkapnya di Jln. Burangrang No. 7, telp 022-7317894. Ciri khas di sini adalah bentuk batagornya yang bulat dan tentunya rasanya sangat ajib pisan.

Dan di Jalan Burangrang tentunya siapa yang tak kenal Batagor Riri. Tempat makan yang terletak sebelum stopan perempatan ini biasa ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan dan akhir pekan. Batagor Riri tereletak di Jl. Burangrang No. 41. Di sini pun sangat cocok buat nongkrong. Selain batagor, di sini pun ada makanan lainnya seperti siomay, mie, bubur ayam dan aneka minuman jus. Cabang Batagor Riri ada juga di Paskal Hypersquare, Ruko A21, Jl. Kebon Kawung No. 48 (Stasiun Bandung), Rumah Mode Plus Jl.Dr Setiabudhi/sebelah Rumah Mode, Level Outlet Jl.Dago No. 348, serta di Sosis Kita Jl.Pasirkaliki No. 73 Bandung.

4. Batagor di Jln. Kopo
Sementara jika Anda keluar dari tol Kopo, bisa ke Jl. Kopo No. 68 Bandung dimana ada Batagor Yunus. (telepon 022-6005242) yang juga favorit wisatawan. Batagor ini rerkenal dengan cita rasa bumbu kacangnya yang  pedas dan bumbu biasa.
Terus dari arah stopan Kopo ke arah Jln. Bojongloa (RS Immanuel), ada batagor favorit para selebritis. Namanya Batagor H. Isan yang letaknya di  Jl.Bojongloa No. 38 Bandung. Batagor Isan juga ada cabangnya di  Jln. Cikawao No. 27A,  Batagor di sini sengaja tidak dipotong-potong. Bahkan, cara makannya yang lebih enak terutama untuk menggunakan bumbu kacang adalah menyelupkannya. Selain batagor, di kedai ini juga tersedia makanan lainnya seperti mi yamin dan es campur.

5. Batagor di Jln. Dago (Simpang)
Untuk daerah Bandung utara ada Batagor Darto di Jln,  Simpang Dago no. 200 (telepon 022-2501412). Lokasinya di samping Pasar Simpang Dago ini. Bumbu kacangnya nikmat banget juga ada batagor kuah dengan campuran ceker ayam. Sementara tak jauh dari sini ada  Batagor Hanimun di Jln. Dipatiukur, No. 1, telepon 088970039500. Batagor yang satu ini mulai  ada di Bandung sekitar tahun 2007. Saat mencicipi Batagor Hanimun, sebelum sampai lidah, wangi batagor ini pasti menggoda selera. Batagor Hanimun juga ada di Jln. Ambon 14 dan juga di Rest Area km 97.

6. Batagor di Jln. Otten
Di daerah seberang RS Hasan Sadikin tepatnya di  Jl.Dr. Otten No. 11 ada Batagor Raja. Tempat ini biasa buka setiap hari pukul 8.00-22.00 WIB. Kuliner batagor yang berdiri sejak 2007 ini menyediakan batagor dengan bumbu kacang dan kuah. Sementara tak jauh dari sini ada juga  Batagor Sukajadi yang terletak di Jl. Pasirkaliki No.60, Cicendo, telepon  022-70714345.

7. Batagor di Jln. Setiabudhi (Ledeng) 
Di daerah sini ada Batagor Lucky, tepatnya di Jl. Dr. Setiabudhi  (Foodcourt Borma). Berdiri pada tahun 1999. Saat ini, Batagor Lucky memiliki tiga cabang: Bandung Electronic Center (BEC), Toko Rotiku Dago dan Food Court Paskal Hypersquare.