Review

Inilah Kegiatan yang Digelar Masjid Raya Bandung Selama Bulan Ramadan 1437 H




Kegiatan di Masjid Raya Jawa Barat Ramadhan 1437 H - 2016 M

Sebagai masjid terbesar di Bandung dan Jawa Barat, Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat menggelar beberapa kegiatan selama bulan suci Ramadan. Masjid yang berada di Alun-Alun Kota Bandung ini memang biasa menjadi tempat aktivitas masyarakat saat Ramadan. Terutama sekarang dengan hadirnya taman di depan masjid yang kerap dijadikan arena ngabuburit oleh warga.

Berikut ini beberapa kegiatan yang digelar selama bulan suci Ramadan yang difasilitasi oleh  Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Jawa Barat atau biasa dikenal Masjid Agung Bandung:

1. Program Ta'jil bersama
Masjid Raya Bandung, menyediakan sekira 1.500 paket takjil gratis untuk warga saat waktu berbuka puasa bulan Ramadan 1437 hijriah. Kegiatan yang dikemas dalam Program Takjil Bersama sudah menjadi agenda rutin.Gubernur Jabar dan Wali Kota Bandung pun biasa ikut serta menyediakan takjil bersama

Untuk itu, bagi warga yang memiliki rezeki lebih bisa ikut serta dalam Program Takjil Bersama tersebut. Caranya dengan cara menyumbangkan uang atau makanan kepada Pengurus DKM Masjid Agung Bandung Jawa Barat.

2. Salat subuh berjamaah, siraman rohani, dan silaturahmi
Untuk penceramah saat ceramah salat tarawih dan siraman rohani usai salat subuh diisi oleh para penceramahan dari ulama, mubaligh, dan dosen dari perguruan tinggi terkemuka di Bandung. Adapun khusus pada salat subuh, DKM mengundang khatib dan qoriah terbaik.

3. Kegiatan Tafsir Alquran
Digelar setiap hari dari tanggal 1 hingga 25 Ramadan dimana kegiatannya setiap ba'da salat zuhur sampai ashar. Ada juga kegiatan kajian Kitab Kifayatul Achyar yang dipimpin oleh Wakil Iman Besar Masjid Raya Bandung, H Sukriadi Sambas.

4. Iktikaf Bersama
Kegiatan ini diadakan pada penghujung bulan suci Ramadan untuk menggapai lailatul qadar. Kegiatan dilaksanakan pada malam ke-27 Ramadhan.

5. Malam Takbiran dan Salat I'ed
Ini merupakan puncak kegiatan Masjid Raya Bandung yang diadakan pada pukul 20.00 WIB serta salat Idul Fitri 1 Syawal 1437 H mulai pukul 06.30 WIB.

6. Kegiatan lainnya
Bagi siswa SD hingga SMA dapat mengikuti pesantren Kilat Ramadhan dan bimbingan studi Islam remaja. Dan untuk masyarakat umum, DKM Masjid Raya Jawa Barat menerima titipan zakat fitrah, infak, serta sedekah.

Untuk informasi lengkap, silakan warga bisa langsung menghubungi pengurus DKM Masjid Raya Bandung ini.