Review

Menikmati Kuliner Sambal Warisan Leluhur di Rumah Makan Cibiuk




Rumah Makan Cibiuk Bandung

Sejak dulu, Garut mempunyai kuliner yang menjadi ciri khas Jawa Barat. Nama kuliner dodol, kicimpring, burayot, hingga sambal cibiuk adalah kuliner khas Garut yang banyak diminati para pemburu kuliner. Untuk nama terakhir, sambal dengan tampilan sederhana namun mampu menggugah selera makan ini layak Anda coba.

Sambal ini memang berasal dari salah satu kawasan di Cibiuk. Konon, sambal ini tak lepas dari nama tokoh penyebar ajaran Islam di daerah Garut bernama Syekh Ja’far Shidiq. Makamnya pun sampai kini masih menjadi tempat wisata religi di daerah Gunung Halimun. Sambal ini kemudian secara turun temurun diwariskan. Dari Sang Syekh sendiri sambal cibiuk kemudian dikembangkan oleh putrinya, Nyimas Ayu Fatimah.

Kuliner warisan leluhur Garut ini kemudian menjadi ciri khas kuliner khas Priangan Timur. Apalagi secara khusus, Rumah Makan Cibiuk menyajikan sambal ini dengan aneka varian. Untuk di Bandung sendiri, tim Wisata Bandung mencoba menjajal sambal ini di Rumah Makan Cibiuk yang ada di Jln. Soekarno-Hatta 508, Bandung. Lokasinya setelah perempatan Jln. Kiaracondong dan sebelum perempatan Buah Batu.

Sambal Sederhana, Kaya Rasa
Tempatnya lumayan luas dengan hadirnya dua lantai untuk area makan. Di dalamnya juga ada saung-saung lesehan (dekat jalan ke mushola). Selain di dalamnya luas, area parkir pun terhitung luas dan tak sulit bagi pengunjung memarkirkan kendaraan. Sambutan dari para pelayan pun ramah-ramah. Dan paling penting, pesanan menu lumayan cepat. Tak perlu nunggu lama, aneka sajian segera dihidangkan di meja.

Kembali ke sambal cibiuk, inilah yang ingin kami jajal. Ada beragam pilihan sambal yang ada di sini. Uniknya nama-nama sambal memakai istilah rundayan (silsilah) keluarga dalam bahasa Sunda, antara lain ada: Sambal Anak Soleh, Sambal Aki, Sambal Nini, Sambal Apa, Sambal Ema, Sambal Incu, Sambal Uyut, Sambal Bibi, Sambal Mitoha, pokoknya lengkap satu turunan keluarga. Untuk harga per sambal pun terbilang murah, antara Rp2500 - Rp3000. Sementara untuk Sambal Aki dan Sambal Nini disajikan gratis bagi pengunjung. Pilihan sambal lainnya ada Sambal Ijo, Sambal Merah, dan Sambal Ceurik.

Tampilan fisik sambal ini memang beda dengan sambal-sambal lain. Sambal ini seperti sambal goang yang diulek seadanya namun ada tambahan bahan plus aromanya yang khas. Untuk komposisi bumbunya ada cabe rawit hijau, tomat mentah, daun kemangi, bawang merah, kencur, terasi, dan garam. Ada juga sambal versi terasi dengan bahan terasi mentah yang dibakar. Menikmati sambal cibiuk makin mantap saat kami menyantapnya dengan nasi liwet, pepes asin peda dan pepes jambal, juga sajian tumir genjer yang kini makin jarang dihidangkan di rumah-rumah makan. Mantap pisan pokona mah, buka puasa dengan sajian khas Sunda ala Rumah Makan Cibiuk.

Pilihan Aneka Menu di Rumah Makan Cibiuk
Untuk pilihan nasi yang disajikan di sini ada:  nasi putih, nasi merah, nai putih timbel, nasi bakar pulen, nasi bakar oncom, nasi liwet poloh, nasi bakar seafood hingga nasi tutug oncom. Harga menu nasi ini berkisar Rp8000-an dan yang paling tinggi nasi bakar seafood Rp17.500. Untuk pepes ada pilihan pepes: ayam, jamur, tahu, ikan mas, peda, dan jambal dengan harga Rp11.500 - Rp20.000.

Kita pun bisa memilih aneka sop, yakni ada sop: gurame, buntut, iga, dan untuk soto ada soto Bandung. Harganya di kisaran 40 ribuan. Bagi yang suka ikan, ada olahan gurame bakar dan gurame goreng dengan pilihan pakai kecap, crispy, cobek, bumbu pedas, atau bumbu sama manis. Untuk harga sesuai dengan ukuran ikan gurame: kecil, sedang, dan besar dengan kisaran Rp60 ribu hingga Rp80 ribuan.

Dan, inilah yang menjadi menu favorit di RM Cibiuk yakni nasi liwet yang bisa disantap rame-rame dengan variasi (harga sesuai tambahan lauk):
- Paket nasi liwet ayam goreng ( antara Rp70.000 - Rp150.000-an)
- Paket nasi liwet ayam kaping (kisaran harga Rp90.000 - Rp230.000-an)
- Paket nasi liwet gurame (kisaran harga Rp100.000 - Rp250.000-an)
- Paket nasi liwet gepuk (kisaran harga Rp80.000 - Rp250.000-an)
- Paket nasi liwet bebek (kisaran harga Rp90.000 - Rp240.000-an)

Untuk menu olahan daging, ada: ayam bumbu, gepuk, bakakak, babat, usus sapi, dan lainnya. Anda pun bisa mencoba menu ikan asin: jambal, peda, sepat, cumi, udang (kisaran harga Rp9000 - Rp40.00-an). Untuk nasi goreng ada nasi goreng: khas cibiuk, spesial, seafood, ayam, ikan asin, telur, pedas, dan lainnya. Kisaran harga Rp30.000-an. Tersedia juga aneka olahan tumis (kangkung, toge, kiciwis, dan genjer). Menu khas lembur lainnya ada olahan: belut, bebek, ikan, dan sate (ayam, sapi, kambing). Untuk camilan aneka minuman pun terbilang lengkap di sini. Di sini pun menjual liwet instant yang bisa Anda masak di rumah.

Rumah Makan Cibiuk
Jln. Soekarno-Hatta No.508, Bandung
(sebelum perempatan Buah Batu dari arah timur di sebelah kiri)
Telepon:  (022) 7530631

Instagram: @restocibiuk