Review

Pesona Curug Tilu di Area Perkebunan Teh Rancabali, Ciwidey




Curug Tilu Perkebunan Teh Rancabali

Objek wisata air terjun di seputaran Bandung masih menjadi primadona dengan banyak yang mencari informasi dan mengunjunginya. Salah satu tempat wisata air terjun yang kini jadi favorit para wisatawan adalah Curug Tilu di kawasan Perkebunan Teh Rancabali, Ciwidey, Kab. Bandung. Di Tatar Sunda, entah mengapa nama "Curug Tilu" banyak yang menyematkannya.

Para wisatawan pun kerap bingung dengan nama "Curug Tilu". Seperti yang ada di daerah Ciwidey ini kadang tertukar dengan nama air terjun serupa yang ada di daerah Parongpong, Lembang. Namun untuk nama air terjun di Parongpong (dekat Ciwangun Indah Camp), namanya Curug Tilu Leuwi Opat. Nama curug tilu juga ada di jalur perbatasan antara Ciwidey dan Cianjur Selatan (Perkebunan Sinumbra). Namun curug ini ukurannya lebih besar, lebih tinggi, dan masih sangat alami dibanding Curug Tilu di Perkebunan Teh Rancabali.

Untuk Curug Tilu yang ada di sini masih berada di daerah Rancabali (jalur perbatasan ke Cianjur Selatan), tepatnya di Kampung Cisabuk, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali. Hanya untuk curug tilu ini aksesnya masih terbilang sulit. Curug ini dinamakan juga Curug Batu Lawang Ibu. Sementara Curug Tilu di area Perkebunan Teh Rancabali ukurannya termasuk air terjun mini dan ini merupakan air terjun buatan. Di sekitarnya pun terdapat permukiman penduduk. Letaknya sebelum Situ Patenggang.

Arus air seperti aliran sungai yang melintasi di antara bebatuan. Kemiringan air terjunnya pun tidak terlalu terjal. Curug ini pun sudah ditata sedemikian rupa sehingga nyaman untuk pengunjung. Di bawahnya, aliran air dibuat kolam penampungan. Di antara kolam dan air terjun ada pancuran-pancuran air yang terbuat dari bambu.

Untuk akses ke Curug Tilu di Rancabali ini, dari Soreang terus ke arah perkebunan Rancabali, tepatnya sebelum Situ Patengan.  Biaya retribusi masuk ke Curug Tilu hanya Rp 10.000 dan biaya parkir Rp 5.000. Curug Tilu lebih tepatnya taman adventure buatan yang dirancang seolah pengunjung sedang melakukan adventure di alam bebas. Di sini, pengunjung bisa bermain air di sekitar air terjun atau untuk berselfie ria. Bahkan, anak-anak pun bisa bermain di curug ini karena ukuran dan terjunan air tidak terlalu besar.