Review

Tcash Tap, Layanan Uang Elektronik dari Telkomsel Kini Hadir di Bandung




Launching TCash Telkomsel di Trans Studio Bandung

Bandung sebagai kota tujuan wisata termasuk kota yang cepat adaptasi terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi. Itulah mengapa Bandung dikenal juga dengan Smart City. Perkembangan ini ditunjang pula dengan semakin memasyaraktnya penggunaan gadget dimana mencari informasi wisata hingga transaksi online dapat dilakukan. Khusus untuk transaksi online, kini semakin berkembang dengan adanya uang elektronik (e-money) yang dapat mudah digunakan hanya menggunakan smartphone Anda.

Inilah yang dibidik oleh operator seluler Telkomsel yang saat ini tengah memperluas layanan e-money di Bandung. Pada awal Juni 2016 ini, Telkomsel meluncurkan T-CASH Tap yang merupakan teknologi Near Field Communication (NFC) yang bisa digunakan untuk semua pelanggan Telkomsel. Launching layanan ini digelar di Trans Studio Mall pada Jumat, 4 Juni 2016 dan dihadiri langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Kang Emil pun mendukung penuh layanan transaksi digital menggunakan smartphone ini.

Ekspansi layanan T-Cash Tap di Kota Bandung ini dinilai memiliki potensi besar. Hal ini melihat data di lapangan bahwa Bandung sudah siap dengan layanan ini dimana sudah banyak UMKM dan masyarakat/wisatawan yang melek teknologi. Dengan demikian, para pengguna kartu Telkomsel dapat menggunakan layanan transaksi digital ini. Dengan layanan T-CASH Tap, pengguna bisa transaksi digital payment di gerai-gerai khusus, membayar belanja online, hingga kirim uang hanya dengan menggunakan telepon pintar Anda.

Telkomsel juga bekerja sama dengan komunitas Daarut Tauhiid dalam mengembangkan cash-less ecosystem di lingkungan pesantren/sekolah. Khusus untuk Bandung, saat ini pihak Telkomsel sudah bekerja sama dengan Restaurant CRP group yang tersebar di area Bandung seperti Warunk Upnormal Cihampelas 1 dan 2, Warunk Upnormal di Jl. Suci, Nasi Goreng Mafia di Jl. Dipatiukur, dan Bakso Boedjangan di Jl. Pahlawan dan Jl Dipatiukur. Selain ekspansi T-CASH Tap, Telkomsel juga memperkenalkan aplikasi berbasis NFC di T Wallet dari application store dan mengaktifkan fitur NFC T-Cash Tap.

Apa dan Bagaimana Cara Menggunakan TCASH?
TCASH adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel, dengan izin penerbitan dari Bank Indonesia. Berbeda dengan pulsa, TCASH dapat digunakan untuk bayar tagihan, bayar merchant, kirim uang, dan banyak lagi

Berikut ini beberapa layanan digital payment yang bisa Anda lakukan dengan TCASH:

Belanja online:
1. Lakukan pembayaran di online merchant.
2. Pada metode pembauaran pilih TCASH.
3. Masukkan nomor HP, PIN TCASH, dan captcha (kode keamanan).
4. Akan ada balasan 10 digit token.
5. Masukkan 10 digit kode token ke dalam kolom yang tertera di layar online.
6. Jika pembayaran berhasil akan ada SMS konfirmasi.

Jika tidak terdapat layanan web-check out, lakukan langkah berikut :
1. Lakukan proses pembayaran di online merchant.
2. Pada metode pembayaran pilih TCASH.
3. Kirim SMS ke 2828 dengan format:
[kode merchant] <spasi> [kode transaksi]<spasi>[PIN TCASH kamu]
4. Tunggu SMS Kode token untuk mengkonfirmasi pembayaran.
5. Kirim SMS ke 2828 dengan format:
CONF <spasi>[kode token]<spasi>[PIN TCASH kamu]
6. Jika pembayaran berhasil akan ada SMS konfirmasi.

Adapun cara mengaktifkan TCASH Tap di handphone Anda adalah terlebih dahulu dengan mendapatkan stiker TCASH Tap di GraPARI dan merchant-merchant yang telah bekerjasama.

Sementara jika menggunakan layanan dengan handphone caranya sebagai berikut:
1. Aktifkan TCASH dengan menghubungi *800*88#
2. PIN Sementara akan dikirim via SMS, ganti dengan mengetik
SMS CPIN <spasi> PIN LAMA <spasi> 6 digit PIN baru
3. Dapatkan stiker TCSH TAP di GraPARI atau merchants lainnya. Aktifkan stiker TCASH TAP di GraPARI atau hubungi:
*800*0*12 angka di balik stiker *6 digit PIN TCASH#
4. Lalu, tempelkan stiker TCSH Tap di handphone Anda.

Untuk info lebih lengkap lainnya silakan kunjungi https://digitalpayment.telkomsel.com atau unduh aplikasi T-Wallet di Google Play.