Review

Bus Bandros Akan Beroperasi Kembali Oktober 2016




Bus Bandros akan beroperasi kembali Agustus 2016

Inilah bus yang banyak menarik perhatian perhatian para wisatawan. Bukan hanya wisatawan dari Bandung, warga Bandung sendiri tak sedikit yang ingin menjajal naik bus ini. Sayangnya, tujuh bus ini kemudian dikandangkan di area halaman Balai Kota Bandung. Selama dikandangkan pun, bus ini tetap menjadi objek selfie favorit wisatawan yang kebetulan berkunjung ke area Balai Kota/Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang. Kejadian jatuh hingga meninggalnya salah seorang penumpang pada 28 Oktober 2015 lalu membuat Bandung Tour on The Bus alias bus Bandros ini dievaluasi.


Bus Bandros akan Beroperasi Kembali
Urusan pembenahan memang menjadi prioritas akan kenyamanan dan keamanan bus wisata ini. Ini terkait dengan ukuran bus, STNK, hingga potensi gangguan lain seperti kabel yang banyak melintang di jalur yang dilalui bus ini. Pembenahan demi pembenahan terhadap bus ini tengah dilakukan. Bus Bandros rencananya akan dioperasikan kembali dengan adanya sejumlah perubahan, salah satunya tampilan bus yang tidak lagi bertingkat.

Dilansir dari HU Pikiran Rakyat (27/7/2016), rencananya bus Bandros akan kembali. Menurut Kepala Seksi Pengujuan Kendaraan Bermotor Dishub Kota Bandung Asep Koswara, sebelum bus dioperasikan, pihak Dishub melakukan sejumlah persiapan. Hari Senin (25/7/2016) dan Selasa (26/7/2016) telah dilakukan survei rute serta marka yang memungkinkan dilalui Bandros. Berdasarkan informasi terbaru, bus wisata ini direncanakan akan beroperasi pada 9 Oktober 2016, bertepatan dengan acara puncak HUT Kota Bandung.

Rute yang  dipilih nantinya direncanakan melewati museum, bangunan heritage, distro, dan sebagainya. Untuk shelter kemungkinan di Alun-Alun Bandung dan Gedung Sate. Rencananya akan ada 6 sampai 8 bus Bandros yang akan dioperasikan. Namun untuk tampilan, tak lagi bertingkat dan kapasitas dipangkas dari 32 kursi menjadi 22 kursi.

Update Reservasi Bus Bandros
Bandros sudah dipindah kelola yang asalnya dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung kini oleh komunitas Masyarakat Peduli Bandung (Mang Dudung).

Pengelola Bus Bandros dari Komunitas Mang Dudung, Poppy menjelaskan, Bus Bandros bisa dinaiki secara gratis oleh perorangan, namun harus melakukan registrasi sehari sebelumnya. Sedangkan untuk reservasi dikenai biaya Rp 800.000 per unit selama 8 jam.

Bus Bandros ini akan berwisata memutari sejumlah tempat terkenal dan bersejarah di Kota Bandung, seperti taman-taman tematik hingga Gedung Merdeka di Jalan Asia Afrika. Untuk shelter tempat naik atau penyewaan ada di Taman Cibeunying Bandung.

"Ada enam unit Bus Bandros, satu unit untuk reguler, dan lima sisanya bisa disewa oleh umum. Untuk yang disewa bisa dijemput langsung ke tempat, kalau reguler naiknya di Taman Cibeunying," terangnya.

Rute Bus Bandros reguler ini pun akan mengelilingi Bandung berkisar antara 45 menit hingga 1 jam. Penumpang tidak diperkenankan turun dari bus selama beroperasi, karena disediakan seorang tour guide untuk menjelaskan titik-titik tempat yang dilewati. Bus Bandros beroperasi mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB serta berkapasitas 22-25 orang didalamnya.

Informasi lebih lengkapnya Anda bisa hubungi call center Bandros: 0896-2203-3971 (Poppy)