Review

Ingin Foto Bareng Valak Versi Bandung? Datang Saja ke Jln. Asia Afrika




Valak Versi Bandung di Jalan Asia Afrika

Si jurig fenomenal dalam film The Conjuring 2 ini menjadi sosok paling ngehits di media sosial, khususnya Instagram. Bagi Anda penggemar film horor,  karakter si hantu kejam ini digambarkan berjubah serba hitam dengan muka seram. Valak merupakan ide dadakan yang bisa dibilang cerdas dari sang sutradara, James Wan dan Lorraine Warren. Bahkan katanya karena saking trendingnya sosok ini, Valak akan dibuat film dalam versinya sendiri. Sang penulis skenario Conjuring 2, David Leslie Johnson telah bersedia menjadi penulis skenarionya. Bagi yang merasa kurang update tentang film yang sedang ngetren di kalangan anak muda ini, silakan Googling saja atau tonton filmnya.

Beberapa minggu di bulan Ramadhan ini, sosok itu menjadi viral di media sosial. Maka, "bully" versi humor pun bertebaran di media sosial dalam bentuk gambar meme maupun plesetan-plesetan. Maklum saja, di media sosial memang biasa mengarah pada isu tokoh populer yang sedang trending. Dan si hantu antagonis Valak pun bukan "korban" pertama, ia menggantikan bully medsos terhadap sosok Lala, salah satu karakter dalam serial anak Teletubbies.

Walaupun sekadar iseng, namun munculnya bullying (lebih tepatnya "tema populer") karakter yang sedang ngehits menjadi hiburan tersendiri bagi para pengguna media sosial. Apalagi pengguna media sosial seperti Instagram kebanyakan adalah kaum muda. Dengan segala kreativitasnya, mereka mampu menghadirkan isu-isu baru dalam menghadirkan bahasan yang kemudian selalu jadi bahasan umum. Tak terkecuali sosok Valak yang dibikin hiburan dalam aneka media, dari komik, meme, plesetan, sampai ajang selfie.

Valak Versi Bandung
Ya, si Valak yang menyeramkan itu ternyata bisa diajak selfie oleh wisatawan. Namun tentunya bukan pemain asli di filmnya. Adalah Komunitas Manusia Hantu Bandung yang menghadirkan sosok Valak itu di Jln. Asia Afrika. Sepanjang trotoar di Jln. Asia Afrika sejajar dengan Gedung Merdeka dan Cikapundung (Jln. Dr. Ir. Sukarno) memang biasa jadi ajang selfie dan wefie bagi wisatawan. Karakter-karakter tersebut hadir dalam wujud badut maupun kostum khusus versi cosplay. Inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi anak-anak yang kebetulan sedang berkunjung ke tempat di timur Taman Alun-Alun Bandung ini.

Di sana ada beragam karakter film maupun kartun yang bisa diajak foto. Dengan membayar seikhlasnya dan berfoto sepuasnya, pengunjung bisa mejeng foto bareng karakter Dora Emon, Robot Transformers, Boboboy, Masha, Spongebob, Pocong Pinky, Si Cepot, Dora The Explorer, hingga pendatang anyar si Valak tadi. Dan kehadiran Valak menjadi daya tarik tersendiri ketika diunggah ke media sosial. Bahkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pun turut mengomentari hadirnya sosok hantu menyeramkan di film The Conjuring 2 ini: "Valak di Bandung mah, selain rada ganjen, sudah berhenti makan kapur sirih dan rajin sikat gigi," tulis Ridwan Kamil di keterangan foto akun Instagram miliknya.

Inilah Bandung, dimana kreativitas para kaum mudanya yang selalu ada saja yang baru. Termasuk juga trending si Valak yang kemudian cepat ditangkap sebagai daya tarik tersendiri untuk foto selfie. Tanggapan dari netizen pun bukan ketakutan, namun silih kekeak alias jadi bulan-bulanan komentar yang lucu-lucu. Si Valak versi Bandung pun harus kuat panas ceuli menanggapi komentar-komentar bodor dari para netizen. Ada yang berkomentar si hantu Valak versi Bandung tersebut lebih mirip personel Kuburan Band hingga yang menyebut si Valak badannya lebih montok dibanding sosok aslinya di film.

Nah, bagi Anda yang ingin foto narsis bareng Valak versi Bandung, datang saja ke Jln. Asia Afrika (area Cikapundung Riverspot/Gedung Merdeka). Lalu, upload foto Anda di Instagram dan di caption jangan lupa tambah hashtag #valakbandung atau #valakbdg.