Review

Penggemar Star Wars Kumpul di SWDBDG 2016, Gedung YPK Bandung




Space Wanderer Day Bandung SWDBDG 2016 di Gedung YPK

Inilah event yang mempertemukan para pecinta semua hal yang berhubungan dengan Star Wars. Adalah event Space Wanderer Day Bandung (SWDBDG) yang digelar di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK), Jalan Naripan no. 7-9 Bandung. Acara hari besarnya fanboy Bandung ini diiadakan pada hari Sabtu dan Minggu, 23 - 24 Juli 2016.

Event yang tidak dipungut biaya masuk ini menyajikan toys exhibition/toys fair dan art project. Bahkan pada hari pertama event, salah satu pemain film Star Wars: The Force Awakens, Kang Yayan Ruhian "Mad Dog" hadir sebagai juri dalam acara Lightsaber Tournament. Wahana. Dalam event ini, para fanboy pun bisa mengekspesikan kegemaran mereka dengan membuat wahana-wahana seperti di pasar malam, antara lain Tahu Bulat Kegelapan, Teleskop Ruang dan Waktu, dan Jebakan Neraka Bintang Maut.

Beberapa acara yang digelar dalam kegiatan ini dari art project seniman lokal seta pameran merchandise, toys, dan collectibles dari kolektor lokal. Event ini juga merupakan ajang silaturahmi komunitas-komunitas terkait yang berpusat di Bandung. SWDBG 2016 dimulai dari pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Kegiatan yang digelar di gedung kebudayaan persis di seberang Bank BJB pusat ini, merupakan gerakan independen yang digagas oleh para fanboy Bandung. Kegiatan ini tidak terafiliasi denganLucasfilm atau Disney yang memiliki hak cipta atas brand Star Wars.

Dilansir dari provoke-online.com  dan dari akun-akun media sosial SWDBDG 2016, event ini dahulu sempat dinamakan Star Wars Day Bandung. Acara ini menyajikan pameran temati yang mengangkat segala hal yang berhubungan dengan film bergenre space fantasy, yang diantaranya adalah film-film Star Wars.

SWDBG pertama kali diadakan pada tahun 2012 di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) Jalan Perintis Kemerdekaan, Bandung. Waktu itu, event SWDBG digelar pada 12 Juni 2012 dan diikuti lebih dari 1.200 fanboy memadati venue SWDBDG 2012. Para fanboy datang dari berbagai daerah di luar Bandung.

Sementara SWDBDG 2016 yang diadakan di Gedung YPK tahun ini, beberapa kegiatan yang digelar di antaranya:

1. Art Project Exhibition
Ada lebih dari 30 karya yang dipamerkan di Art Project Exhibition dalam berbagai media. SWDBDG Wall merupakan kegiatan dimana para artist Bandung akan Live mural pada tanggal 23 Juli 2016 di SWDBDG 2016. Tidak hanya itu, para fanboy yang hadir pun dapat ikut berpartisipasi dalam pembuatan SWDBDG Wall ini di Wheat Paste Project.

2. Jouwe Custom Show 
Kegiatan ini bekersama dengan My Tummy Toys dan mengundang 10 orang artist untuk meng-custom vinyl toys buatan Jouwe. Toysportal merupakan sebuah komunitas toys photography yang memamerkan karya-karya toys photography mereka.

3. Lighsaber Tournament
Komunitas-komunitas Lightsaber (pedang khusus cahaya di Star Wars) yang ada Indonesia diundang untuk ikut berpartisipasi di Sinar Saber Tournament SWDBDG 2016. Ada dua kelas yang dapat diikuti oleh peserta kompetisi, yaitu Spinning Competition dan Battle Choreo Competition. Kompetisi ini tidak terbuka untuk umum, karena lebih berbahaya daripada kelihatannya. Urban Jedi dan Jaksaber ikut berpartisipasi di Sinar Saber Tournament SWDBDG 2016 ini.

- Tonton videonya DI SINI
- Foto-foto SWDBDG 2016 LIHAT DI SINI

Akun media sosial SWDBDG:
- Instagram: @swdbdg
- Twitter: @swbdg
- Facebook: Swdbandung