Review

Bandung Culinary Night Summer Food Festival Digelar di Balai Kota




Festival summer food culinary night Bandung

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung menggelar Bandung Culinary Night Summer Food Festival South American and Caribbean Countries yang bertempat di Balai Kota, Jln. Wastukancana, Kota Bandung,  pada Sabtu (20/08/2016).

Ada yang lain dalam festival food kali ini, karena dihadiri oleh tujuh perwakilan negara delegasi yang terdiri dari, Kedubes Republik Bolivarian Venezuela, Kedubes Republik Suriname, Kedubes Republik Peru, Kedubes Republik Kuba, Kedubes Republik Kolombia, Kedubes Republik Brazil dan Kedubes Republik Argentina. Adapun peserta food festival dari Bandung sendiri  terdiri dari 30 stand kuliner dan 4 food truck yang menyajikan berbagai macam makanan.

Ajang Persahabatan
Festival makanan yang digelar sejak pukul 09.00 WIB hingga 19.00 WIB ini dihadiri Oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil beserta istri, perwakilan Kementerian Luar Negeri Julang Pujianto, perwakilan dari tujuh negara delegasi dan tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya Ridwan Kamil menyampaikan bahwa festival ini merupakan ajang persahabatan dengan negara Amerika Selatan dan Karibia. Ia berharap kedepannya Kota Bandung bisa menjalin kerja sama dan bisa memasarkan produk-produk Bandung di negara Amerika Selatan dan Karibia.

“Pertumbuhan ekonomi kota Bandung sangat cepat. Bandung adalah kota ekonomi kreatif, segala macam produk Bandung pasti bisa didagangkan. Sekarang kita nikmati Kota Bandung, di mana kali ini tersedia banyak makan di acara food festival ini,” tutur Ridwan Kamil.

Potensi Bisnis
Dalam kesempatan yang sama, perwakilan Kementerian Luar Negeri Julang Pujianto (Direktur Amerika Selatan dan Karibia), memaparkan bahwa acara festival ini merupakan tindak lanjut Wali Kota Bandung dengan perwakilan negara-negara Amerika Selatan untuk menjalin hubungan bisnis. Indonesia sendiri telah menjalin hubungan diplomatik dengan negara Amerika Selatan sejak lama.

“Dengan pengenalan budaya ini kita bisa mengenal lebih dekat, kalau sering bertemu akan terasa lebih dekat lagi. Harapan ke depannya semoga akan ada langkah-langkah  berikutnya untuk menjalin hubungan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia, khususnya Kota Bandung dengan Negara Amerika Selatan dan Karibia,” papar Julang Pujianto.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan penyerahan bunga kastuba dari Kementerian Luar Negeri kepada Wali Kota Bandung Ridwan kamil dan dilangsungkan dengan memberikan kenang- kenangan pada ketujuh perwakilan negara delegasi.

Dari seluruh negara delegasi tersebut ikut serta memeriahkan festival dengan menampilkan kesenian dari negaranya masing- masing, seperti Brazil menampilkan Kapoera, Kolombia menampilkan senam zumba dan zwing fitness dance, Peru memainkan alat musik tradisional. Festival  berlangsung meriah karena  bertepatan pula dengan malam mingguan, dimana banyak pasangan muda-mudi yang datang untuk menikmati aneka jajanan kuliner. (DW)