Review

Gunung Pancir, Lokasi Favorit Para Penghobi Olahraga Ekstrem




Wisata Olahraga Ekstem Gunung Pancir

Anda penghobi olahraga Off Road, Motocross, Rock Climbing, atau Dirt Bike? Adrenalin Anda sekarang bisa dijajal di tempat wisata alam Gunung Pancir. Wisata alam Gunung Pancir terletak di Desa Cilegong, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Kawasan wisata alam ini bisa disebut geopark yang tersembunyi dimana selama ini kurang terekspos.

Tempat wisata olahraga ekstrem tersebut tersebut diberi nama Gunung Pancir Geopark and Offroad Circuit. Untuk ke lokasi bisa ditempuh lewat jalur Soreang - Cipatik atau dari Cimahi via Jalan Nanjung ke arah Kutawaringin. Adapun luas areanya sekitar 10 hektare.

Dan sekarang tempat wisata ini telah bergeliat menjadi surga wisata olahraga ekstrem dan mulai ramai dikunjungi para penghobi wisata adventure. Pada Minggu, 20 Desember 2015 telah digelar pertunjukan eksebisi dalam rangka pengenalan Gunung Pancir. Di area perbukitan tersebutdibuat tiga sirkuit untuk olahraga ekstrem: motocross, offroad, dan dirtbike. Sementara di bagian lain bebatuan andesit terjal yang berdiri tegak dijadikan sebagai jalur panjat tebing dan disulap menjadi sebuah teater terbuka alam.

Merunut pada kondisi awalnya, area ini dulu dikenal sebagai lokasi bekas galian C. Selanjutnya, pada 1995 diubah jadi permukiman penduduk. Namun untuk kawasan wisata olahraga ekstrem masih luas untuk dijadikan area wisata adventure. Lalu,  Gunung Pancir pun dibenahi menjadi kawasan gabungan kawasan geopark dan tujuan alternatif wisata. Sebagai bukti keseriusan menata kawasan wisata ini,  PT Suminar Citrapratama selaku pengembang lalu membangun Amphiteater,  Rock Climbing, jalur Motocross, dan Offroad.

Sementara untuk pengelolaan sarana olahraga ekstrem, pihak pengembang sudah berkoordinasi dengan komunitas otomotif maupun dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jabar. Sarana olahraga ekstrem serta kawasan Gunung Pancir Geopark and Offroad Circuit secara resmi akan dibuka dan bisa digunakan umum pada Maret 2016. Semakin hari, tempat wisata ini semakin banyak dikunjungi terutama oleh para penyuka olahraga ekstrem.

Hingga kini, penataan kawasan  yang memiliki ketinggian 680 sampai 806 meter di atas permukaan laut tersebut terus dilakukan. Dan untuk memancing animo masyarakat penghobi olahraga ekstem, di kawasan Gunung Pancir biasa digelar aneka event di setiap minggunya.  Jadi, bagi Anda penggemar olahraga ekstrem tidak perlu jauh-jauh ke luar Bandung. Di sini sudah disediakan track untuk beragam olahraga ekstem. Ke depannya di kawasan Gunung Pancir akan dibuat danau buatan dan ditargetkan dibuat sirkuit permanen.

Gunung Pancir Geopark and Offroad Circuit
Desa Cilegong, Kecamatan Kutawaringin
Kabupaten Bandung
[Lihat peta lokasi]

- Foto-foto kegiatan di Gunung Pancir lihat di sini.
- Video offroad di Gunung Pancir tonton di sini.