Review

Festival Film Bandung 2016 Akan Digelar di Monju 24 September 2016




Festival Film Bandung 2016

Festival Film Bandung ke-29 tahun ini akan digelar. Festival film yang merupakan hajatan insan film yang digagas Forum Film Bandung ini akan diadakan pada Sabtu, 24 September 2016 di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju),  Jln. Dipatiukur dan rencananya akan disiarkan live oleh SCTV.

Festival Film Bandung yang setiap tahun rutin dilaksanakan ini selalu mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov Jabar.  Adapun tema yang diusung dalam helatan kali ini adalah memanfaatkan momen PON XIX yakni "Berjaya di Tanah Legenda". Dalam event puncak nanti, FFB rencananya akan melibatkan atlet legendaris, termasuk para atlet yang sedang berlaga di PON 2016. Bahkan, akan hadir pula para pemain film '3 Srikandi', sekaligus para tokoh aslinya.

Sejarah Festival Film Bandung (FFB)
Festival Film Bandung sendiri digagas oleh  Forum Film Bandung yang berdiri sejak 1987. Beberapa toko FFB di antaranya Prof. Sutardjo dan Prof. Sudjoko yang berasal dari kalangan akademis/kampu, lalu Jakob Sumardjo, Eddy D. Iskandar, dan Duduh Durahman yang berlatar belakang budayawan.

Sedangkan dari kalangan wartawan ada Us Tiarsa, MH Giyarno, dan Arief Gustaman. Nama-nama lain yang ikut membidani Forum Film Bandung adalah: Dr. Edison Nainggolan, Prof. Drs. Saini KM, , Hernawan, S.H., Yayat Hendayana, Drs. Sunaryo, Dra. Sofia F. Mansoor, Suyatna Anirun, Hilman Riphansa, H. Bram M. Darmaprawira, dan lain-lain.

Pada 31 Maret 1988 untuk pertama kalinya Film Terpuji dan Narafilm Terpuji diumumkan dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Rumah Makan Babakan Siliwangi (Baksil) Bandung. Awalnya, Forum Film Bandung bernama Festival Film Bandung. Akan tetapi, Harmoko (Menteri Penerangan pada waktu itu) menyatakan bahwa satu-satunya festival film di Indonesia adalah Festival Film Indonesia (FFI). Kasarnya, waktu itu tidak boleh ada festival film "tandingan" alias abal-abal kecuali versi pemerintah.

Sejak itulah, FFB tidak boleh melakukan kegiatan dengan menggunakan istilah festival dan diimbau untuk berganti nama. Maka, atas inisiatif Prof. Sudjoko, M.A., Ph.D. dalam rapat FFB, diputuskanlah penggunaan nama “Festival Film Bandung (FFB)".

Daftar Nominasi Festival Film Bandung (FFB) 2016
Nomine Pemeran Utama Pria Terpuji
Reza Rahadian (My Stupid Boss)
Reza Rahadian (Rudy Habibie)
Adipati Dolken (Jenderal Sudirman)
Chicco Jerikho (Aach Aku Jatuh Cinta)
Nino Fernandez (Wa'alaikumsalam Paris)

Nomine Pemeran Utama Wanita Terpuji
Bunga Citra Lestari (Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea)
Chelsea Islan (Rudy Habibie)
Laudya Cynthia Bella (Aisyah Biarkan Kami Bersaudara)
Pevita Pearce (Aach Aku Jatuh Cinta)
Sha Ina Febriyanti (NAY).

Nomine Pemeran Pembantu Pria Terpuji
Arie Kriting (Aisyah Biarkan Kami Bersaudara)
Boris Bokir (Walaikumsalam Paris)
Deva Mahendra (Sabtu Bersama Bapak)
Dwi Sasono (Gangster)
Tanta Ginting (3).

Nomine Pemeran Pembantu Wanita Terpuji
Adinia Wirasti (Ada Apa Dengan Cinta? 2)
Cut Mini Teo (Juara)
Indah Permatasari (Rudy Habibie)
Lydia Kandou (Aisyah Biarkan Kami Bersaudara)
Nova Eliza (Aach Aku Jatuh Cinta)

Daftar lengkap nominasi silakan LIHAT DI SINI.