Review

Inilah Event-Event yang Digelar dalam Memeriahkan HUT ke-206 Kota Bandung




Event-event HUT Bandung ke 206 tahun 2016

Pada 25 September 2016, Kota Bandung merayakan hari jadinya yang ke-206. ntuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Bandung ke-206, Disbudpar Kota Bandung akan menyelenggarakan acara Milangkala Bandung Festival 2016 dengan digelar beberapa event. Event ini juga sekaligus untuk memeriahkan gelaran Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat yang diselenggarakan 17 - 29 September 2016.

Berikut ini beberapa acara yang digelar dalam memeriahkan HUT ke-206 Kota Bandung yang dilansir dari
mybandung.id:

1. Bandung Great Sale 2016
Program semarak diskon ini menjadi menu utama acara "Milangkala Bandung Festivals 2016". Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung sebagai penyelenggara menargetkan event ini akan diikuti oleh tidak saja peritel modern (resto, kafe, hotel, mal, dept. store, factory outlet, distro tempat hiburan keluarga, transportasi) , dan tidak menutup kemungkinan pertokoan atau pasar tradisional pun dapat ikut serta mendukung program ini. Bandung Great Sale digelar dari 10 September sampai 09 Oktober 2016. Masyarakat dan wisatawan bisa mendapatkan potongan harga atau bonus belanja yang diberikan oleh para pelaku bisnis yang ikut serta.

2. Funtastik Day
Ini adalah kegiatan antar komunitas yang ada di kota Bandung dengan berkreasi menggunakan kostum unik, dimana setiap komunitas dapat mengirimkan 10 - 20 orang untuk mengikuti kegiatan ini dan, memperebutkan hadiah dari 3 kategori :
- The Best Costume (Perseorangan)
- The Best Group (Komunitas)
- The Best Yell-Yell (Komunitas)

Kegiatan ini diadakan disela-sela Bandung Great Sale 2016 bertujuan untuk memberikan hiburan bagi para pengunjung yang sedang menghabiskan waktu dan uang nya di kota Bandung. Sekali lagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung mengundang para komunitas untuk dapat segera mendaftarkan komunitasnya masing-masing dan turut menyukseskan Bandung Milangkala Festival 2016.

3. Bandung Inframe
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung akan mengadakan sebuah kompetisi fotografi yang bertajuk Bandung Inframe dengan tema "Lets Go Explore Bandung" yang mengemban misi mengabadikan dan mempromosikan sisi eksotis pariwisata Kota Bandung melalui sebuah foto.

Ada 5 kategori yang dilombakan yaitu Festival Budaya, Landscape, Arsitektur, Human Interest, dan kuliner. Kompetisi fotografi ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang keindahan pariwisata kota Bandung yang diabadikan ke dalam sebuah foto yang nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wistawan untuk berkunjung ke kota Bandung.

Adapun setiap foto yang dihasilkan oleh setiap peserta harus mengabadikan berbagai momen atau objek yang indah dan unik dari kota Bandung ke dalam sebuah photo frame (bingkai foto). Para fotografer yang mengikuti kompetisi ini harus mampu menyampaikan pesan serta nilai estetika melaui hasil karya fotonya nanti. Selain itu foto tersebut juga harus dipersiapkan untuk dapat di aplikasikan secara online via instagram dan offline dalam sebuah pameran terbuka.

4. Soanten Fest 2016
Event ini merupakan berupa ajang unjuk soanten (Sunda = suara) berupa festival musik indie bertema audisi band yang diselenggarakan jauh dari Kota Bandung. Acara ini bertujuan agar kemeriahan HUT Bandung juga dapat dirasakan di daerah-daerah yang jauh dari tengah kota Bandung. Peserta band akan di audisi secara online, dan 5 peserta terbaik akan tampil secara langsung di panggung Soanten Fest.

5. Bandung Light Fest 2016
Ini merupakan puncak acara dimana seperti tahun-tahun sebelumnya Bandung Light Fest 2016 akan diramaikan oleh pawai kendaraan lampu hias dengan tema "Robot Galactica" yang diisi pawai komunitasjuga konser solidaritas, namun dengan tetap mengedepankan kampanye smart festival. Adapun rute yang digunakan adalah Jalan Diponegoro dan berakhir di Jalan Asia Afrika.

Dengan memperebutkan Piala Wali Kota Bandung dan Hadiah Utama maka semua peserta pawai kendaraan hias ini akan menampilkan performa terbaik dan ide yang kreatif. Pada kesempatan kali ini selain SKPD Pemerintahan Kota Bandung, Perusahaan Swasta juga siap dan mendaftarkan diri untuk terlibat dalam kegiatan kali ini. Ditargetkan sekitar lebih dari 50 kendaraan hias akan meramaikan Bandung Light Fest 2016 ini.

Baca juga: Inilah Rute dan Rangkaian Acara Bandung Light Fest 2016