Review

Kampung Bamboo, Kawasan Wisata Edukatif Berbasis Lingkungan Hidup




Outbond Kampung Bamboo Cimenyan Padasuka Bandung

Masyarakat sekitar biasa menyebut nama tempat wisata alam ini dengan "Kampung Bambu Wa Haji". Adalah H. Dedy Jumardi atau akrab disebut Wa Haji yang mendirikan tempat back to nature yang dirintis sejak 2006 dan resmi dibuka pada tahun 2007. Adapun konsep yang diusung adalah "outbond, pendidikan lingkungan, dan konservasi bambu". Wisata alam Kampung Bamboo berlokasi di Jln.. Padasuka km 4, Cimenyan Bandung. dapat dicapai 10-15 menit dari Saung Angklung Udjo.

Destinasi wisata Kampung Bamboo di kawasan Bandung timur ini biasa menjadi tempat kegiatan adventure di alam terbuka. Pengunjungnya biasanya dari sekolah-sekolah hingga kantor-kantor yang mengadakan gathering dan fun games di alam terbuka. Bagi anak-anak,  tempat ini selain menyajikan wisata petulangan juga menyediakan menjadi tempat wisata edukatif. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di berbagai wahana permainan yang menuntut mereka aktif dan kreatif.

Anak-anak pun dapat belajar seputar membuat kerajinan dan lebih mencintai lingkungan hidup. Anak-anak bisa belajar cara daur ulang kertas, mengolah tanah liat, atau menanam pohon. Di sini pun menyajikan pengenalan aneka seni budaya Sunda, salah satunya alat musik karinding. Sementara bagi kaum remaja, bisa berlibur di alam terbuka dengan berkemah. Di sini tersedia area camping ground di alam terbuka yang nyaman dan aman.

Kampung Bamboo sendiri menempati memiliki luas 8 hektare. Lokasinya berada di perbukitan, sekitar 5 km dari Saung Angklung Udjo. Konsep kembali ke alam memang menjadi daya tarik tersendiri dimana ada beragam aneka pohon, dari hutan bambu, duren, lengkeng, jambu air, dan sebagainya. Sementara untuk bersantai, disediakan saung-saung.

Bambu memang media utama bagi program wisata edukasi. Pengunjung bisa bernostalgia bermain dengan permainan tradisional berbahan bambu, misalnya melewati jembatan sebatang bambu yang membentang di atas kolam ikan mas dan rakit bambu.

Sementara untuk pengunjung disediakan paket wisata Kampung Bamboo: pendidikan lingkungan, outbound, camping, dan konservasi bambu. Paket-paket tersebut diselingi game modern seperti high impact, flying fox, low impact, ice breaking, fun games. Untuk paket konservasi bambu, wisatawan diajari cara menanam bambu. Inilah salah satu bentuk pendidikan sekaligus mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan hidup.

Kampung Bamboo
Jln. Terusan Padasuka KM.4, Cimenyan, Bandung
[Lihat peta lokasi]
Telepon: 0813-2224-0483
Jam buka: pukul 08.00 - 16.00 WIB

Tempat wisata terdekat:
- Saung Angklung Udjo
- Bukit Moko
- Kampung Bareto Cafe & Resto
- Puncak Bintang