Review

Promosi Batik Jawa Barat, Unpad Menggelar West Java Batik Festival




West Java Batik Fest Unpad September 2016

Dalam rangkaian Dies Natalis ke-59 Unpad diisi dengan fastival batik Jawa Barat. Kegiatan "West Java Batik Fest" tersebut digelar di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad, Jln. Dipatiukur, Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu dan Minggu, 3-4 September 2016 mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

Event ini pun dimeriahkan dengan bebagai acara antara lain launching batik Unpad, peragaan busana, pameran batik Jawa Barat, talkshow, serta bazaar kuliner," katanya. Sementara pembukaan acara diawali dengan persembahan tari tradisional dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan Batik Jawa Barat, Ir Sendy Ramania Wurandani Dede Yusuf serta sambutan Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad.

Talkshow dan Workshop Batik
Dalam West Java Batik Festival diadakan Talkshow Batik Jawa Barat dengan pembicara Miranda Risang Ayu, S.H., LL.M. Ph.D. ( Fakultas Hukum Unpad ) membahas aspek hukum perlindungan batik Jawa Barat; Dr. YanYan Sunarya, M.Sn. (Fakultas Seni Rupa dan Design ITB ) membahas aspek budaya batik Jawa Barat dari perspektif ilmu desain; dan N. Kartika, M.Hum (Fakultas Ilmu Budaya Unpad ) membahas aspek budaya batik Jawa Barat dari perspektif ilmu budaya

Dalam event ini juga diselenggarakan workshop Membatik yang terbuka untuk umum dengan kuota maksimal 100 orang. Festival ini juga dimeriahkan dengan sajian hiburan dari berbagai UKM di Unpad. Selain itu, dalam West Java Batik Festival digelar pula pertunjukan busana batik dari 27 kota dan kabupaten se-Jawa Barat.

Launching Batik Unpad
Pada acara pembukaan, Sabtu (3.9/2016),  secara resmi Batik Unpad diperkenalkan pada pengunjung. Seluruh proses pembuatan Batik Unpad memakan waktu dua bulan. Kehadiran batik Unpad telah menambah keindahan dan corak batik Jawa Barat. Beberapa motif yang tertanam di batik Unpad di antaranya kujang, teratai, lapisan hati, sayap elang, roda, dan garis dinamis.

Dan tentunya filosofi motif batik Unpad tersebut kaya makna, salah satunya kujang sebagai lambang pusaka Jawa Barat. Sementara lapisan hati melambangkan spiritualitas dan corak garis dinamis mempunyai filosofi antardepartemen Unpad ada hubungan dinamis.