Review

Inilah Rekayasa Arus Lalu Lintas Selama Pembangunan Skywalk Cihampelas




Rekayasa Jalan Pembangunan Skywalk Cihampelas

Proyek pembangunan skywalk Cihampelas dimulai pada 16 September 2016 dan diperkirakan rampung pada Desember 2016. Sky walk dibangun mulai dari RS Advent hingga Hotel Promenade. Bila skywalk telah selesai, pejalan kaki tidak berjalan lagi di bahu Jln. Cihampelas. Selama ini Cihampelas tidak nyaman karena mobil bercampur PKL dan pejalan kaki.

Skywalk (jalan layang bagi pejalan kaki)  anggaran sekitar Rp 45 miliar dibuat untuk mengurangi kemacetan di Jln. Cihampelas. Proyek ini  pun sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Bandung untuk memberikan kenyamanan bagi para pejalan kaki yang berbelanja di Jln. Cihampelas. Panjang skywalk ini mencapai 500 meter yang akan membentang dari RS Advent hingga Cihampelas Walk.

Seperti diketahui Jln. Cihampelas termasuk jalur pada sehingga dipastikan akan terjadi penumpukan dan antrean kendaraan saat pembangunan skywalk. Untuk itu, pihak Polrestabes Bandung akan melakukan rekayasa selama proyek pembangunan skywalk berjalan.

Untuk rekayasa arus lalu lintas yang dilakukan polisi adalah:
1. Kendaraan yang datang arah Jln. Setiabudhi dipecah menjadi dua, 1 lajur melalui Cihampelas dan satu lagi lewat Jln. Bapa Husen-Jln. Cipaganti-Jln. Prof. Eyckman dan kembali ke Jln. Cihampelas.
2. Rekayasa di Jln. Cipaganti mulai Jln. Prof. Eyckman sampai ke Jln. Bapa Husen. Di jalan tersebut akan diberlakukan dua lajur.
3. Untuk jalan alternatif lainnya ke jalur Gandok-Jln. Siliwangi-Jln. Ir. H. Juanda (Dago) dan melalui Jln. Lamping serta Jln. Bosscha.

Saat berada di jalur tersebut, pengendara harap memperahtikan arahan dari para petugas kepolisian. Cihampelas Skywalk sendiri dibangun dengan metode design and build yang akan memperpendek waktu pengerjaannya. Untuk antisipasi ketinggian skywalk dari permukaan aspal, sebagaimana rencana gambar ketinggian yang diterapkan 4,6 meter dan ketinggian kendaraan barang di bawah 4,2 meter.

Di jalur skywalk pun akan dibangun jalur hijau berupa tanaman tanaman kecil yang berada di kedua sisi jembatan. Selain itu juga turut dibangun pula taman-taman kecil. Di lokasi juga tampak dipasang sejumlah tempat duduk.

Video desain skywalk Cihampelas LIHAT DI SINI.