Review

Sendang Geulis Kahuripan, Kolam Mata Air Cantik di Cikalong Wetan




Sendang Geulis Kahuripan Cikalong Wetan

Objek wanawisata ini oleh penduduk setempat dikenal dengan nama Sendang Geulis Kahuripan. Namun, sebutan lainnya ada yang menamakan Talaga Cikahuripan maupun Sirah Cai Kahuripan. Sendang sendiri mengandung arti 'kolam air di pegunungan', geulis berarti 'cantik', dan kahuripan berarti 'kehidupan' atau 'hidup sehat'. Ya, secantik sebutannya kolam air di daerah daerah Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat ini memang menyajikan keindahan alam luar biasa. Kolam mata air ini dikelola oleh Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, KPH Bandung Utara.

Lokasi dan Rute ke Sendang Geulis Kahuripan, Cikalong Wetan
Penasaran ingin menyambangi tempat ini? Bila menggunakan jalur tol Cipularang, keluar di exit gate lalu ke arah Cikampek - Padalarang hingga menuju jalan raya Cikalong. Bila dari arah timur, rute bisa dari tol Purbaleunyi exit Padalarang ke arah Cikalong Wetan. Rute dari arah Bandung memang tidak terlalu jauh. Bila menggunakan motor dari Bandung ke arah Cimahi - pertigaan Padalarang belok kanan- Cikalong Wetan (jalan raya ke Purwakarta).

Tempatnya memang terbilang tersembunyi di daerah persawahan. Bagi Anda yang suka touring alangkah baiknya gunakan kendaraan roda dua saja. Hal ini karena jalannya terbilang sempit dan sebagian ada yang lumayan garinjul (tidak rata).

Agar tidak nyasar bisa dilihat di Google Maps pada smartphone Anda. Nah, di  perbatasan Cikalong Wetan ambil jalur kanan, kurang lebih 3 kilometer dari batas kecamatan lalu ada pertigaan dengan (gapura nanas) dan pangkalan ojek. Tenang, untuk ke lokasi sekarang sudah ada beberapa papan petunjuk ke lokasi. Jika bingung, bisa gunakan dengan bertanya GPS (Gunakan Penduduk Sekitar). Penasaran di mana tempatnya? Lihat peta lokasi DI SINI.

Perjalanan dilanjutkan ke pertigaan menuju Sendang Geulis Kahuripan (sekitar 4 km dari gapura. Di dekat pertigaan ada bangunan SD, dari sana tinggal nikreuh (berjalan kaki) melewati perkebunan dan persawahan. Lalu, Anda akan sampai di Sendang Geulis Kahuripan. Keindahan kolam mata air nan bening dan segar akan menyambut Anda. Suasana semakin indah dengan adanya pepohonan hijau di sekelilingnya.

Harap Menjaga Kebersihan Kolam
Sampai di sana, Anda bisa menikmati kesejukan dan kesegaran air yang masih alami tersebut. Selain kolam alami, disini juga ada 2 kolam renang, yang satu kolam anak dan satu lagi kolam dewasa. Untuk airnya sendiri sangat menyegarkan dan lumayan tiris pisan alias dingin banget.

Sendang ini dipercaya bisa memperhalus kulit, membikin awet muda, dan memancarkan aura kecantikan bagi kaum wanita.  Adapun untuk menikmati kesejukan kolam mata air ini hanya perlu membayar retribusi Rp10.000 (bisa berubah sewaktu-waktu).

Adapun untuk fasilitas terbilang lengkap dimana tersedia area parkir, warung-warung, saung-saung, dan tempat ganti pakaian. Namun yang pasti harap menjaga kebersihan dan ketertiban selama di tempat ini. Maklum saja, kolam mata air ini memang sumber kehidupan masyarakat sekitar yang biasa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga, pengairan sawah, dan irigasi. Saat di sini, Anda bisa berselfie ria apalagi jika bawa kamera kedap air.