Review

Akses ke Objek-Objek Wisata Bandung dari Terminal Leuwipanjang




Terminal Leuwipanjang

Terminal Leuwipanjang yang terletak di selatan Bandung ini merupakan titik akses angkutan umum dalam dan luar kota. Terminal ini dibangun untuk menggantikan Terminal Kebon Kalapa. Terminal Kebon Kalapa sendiri sekarang difungsikan unuk trayek angkot dan sebagian lahan jadi pusat perbelanjaan ITC. Terminal Leuwipanjang dibangun pada 1994 dan diresmikan pada 1996. Terminal ini sebagai tempat pemberhentian bus antarkota dan provinsi menuju kota-kota ke arah barat (Jakarta, Bekasi, Merak, Bogor, Depok, Cianjur, Sukabumi, dsb.).

Terminal dengan luas 4,5 hektare ini diapit oleh Jalan Soekarno - Hatta di sebelah selatan, Jalan Kopo di sebelah barat, dan Jalan Leuwinpanjang sendiri di sebelah timur. Terminal ini lah satu dari dua terminal besar yang melayani transportasi darat dimana satu lagi adalah Terminal Cicaheum yang ada di timur Kota Bandung. Terminal Cicaheum melayani trayek dalam kota juga akses bus-bus ke arah timur (Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Jawa Tengah, dan lainnya).

Pembenahan Terminal Leuwipanjang yang nyaman dan aman
Dan pada akhir 2016, Terminal Leuwipanjang pun dilakukan penataan dari pemberantasan premanisme, penegakan K3, hingga penghijauan. Untuk penghijauan dilakukan dengan penanaman 126 pohon yang terdiri dari jeruk, belimbing, pepaya, sawi, lengkeng, dan pucuk merah. Penghijauan lainnya yang akan dilakukan ke depan yakni dengan agroponik berisi pot-pot dengan tumbuhan sayuran.

Sementara agara terminal lebih nyaman dan ramah pengunjung, para orangtua yang bawa anak bisa memanfaatkan wahana bermain anak yang disediakan di Terminal Leuwipanjang. Wahan bermain anak dilengkapi perosotan, bola-bola plastik, dan mobil-mobilan di dalam sebuah ruangan kotak 10 x 5 meter. Wahana bermain ini terdapat di depan kantor petugas.

Fasilitas Terminal Leuwipanjang
Untuk fasilitas di Terminal Leuwipanjang terbilang lengkap, di antaranya di area sisi selatan (seberang Bank BCA) terdapat tempat parkir mobil dan motor. Pengguna pun bisa menitipkan kendaraan kepada petugas di sini untuk beberapa hari. Sarana lainnya, ada sentra oleh-oleh makanan yang ada di sebelah timur (Jln. Leuwipanjang). Sama seperti terminal lainnya, di sini pun terdapat fasilitas musala, toilet umum, juga warung-warung makan.

Akses ke tempat-tempat wisata
Bagi para wisatawan yang menggunakan bus dan berhenti di Terminal Leuwipanjang bisa melanjutkan perjalanan menuju tempat-tempat wisata di seputaran Bandung. Dengan naik kendaraan umum, angkot atau bus, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata berikut:

1. Akses ke sentra sepatu Cibaduyut
Ini akses paling mudah karena terminal dan Cibaduyut lokasinya sangat berdekatan. Turun dari bus, Anda tinggal berjalan kaki ke arah selatan ke arah perempatan Jln. Cibaduyut- Jln. Soekarno Hatta - Jln. Leuwipanjang (ciri ada tugu sepatu raksasa). Untuk menyusuri toko-toko sepatu, bisa berjalan kaki, naik becak, atau naik ojek.

2. Akses ke Ciwidey
Naik angkutan umum jurusan Terminal Leuwipanjang - Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey diteruskan naik angkutan kota warna kuning ke arah Rancabali yakni ke kawasan wisata Kawah Putih, Patenggang, Ciwalini, Rancupas, dan tempat wisata Ciwidey lainnya.

3. Akses ke Lembang
Untuk ke arah Lembang, bisa naik bus DAMRI jurusan Terminal Leuwipanjang - Ledeng. Dari Terminal Ledeng disambung naik angkot ke Lembang, Anda bisa ke tempat wisata Rumah Hobbit Farmhouse Lembang, Observatorisum Bosscha, Floating Market Lembang, De' Ranch, Curug Maribaya, dan lainnya. Sementara akses satu lagi dari Terminal Ledeng yakni ke arah Sersan Bajuri. Dari Terminal Ledeng naik angkot ke arah Parongpong, yakni akses ke tempat wisata bunga Cihideung, Kampung Gajah, Dusun Bambu, dan lainnya.

Rute bus DAMRI Terminal Leuwipanjang – Ledeng: Jl. Kopo – Jl. Pasirkoja – Jl. Astana Anyar – Jl. Gardu Jati – Jl. Kebon Jati – Jl. Pasirkaliki – Jl. Sukajadi – Jl. Setiabudi – Terminal Ledeng

4. Akses ke Alun-Alun Bandung
Bisa naik DAMRI jurusan Leuwipanjang - Cicaheum. Rute Bus DAMRI: Leuwipanjang - Jln. Kopo – Jln. Pasir.Koja – Jln. Pungkur – Jln. Dewi Sartika – Alun-Alun – Jln. Banceuy – Jln. Cikapundung – Jln. Naripan – Jln. Sunda – Jln. Veteran – Jln. A.Yani - Cicaheum.
Tempat wisata yang bisa kunjungi: Taman Alun-Alun, Cikapundung River Spot, Jln. Braga, Menara Masjid Raya Bandung, Gedung Merdeka/Museum Konferensi Asia Afrika, sentra kuliner Cikapundung, dan sekitarnya.


5. Akses ke Jalan Dago
Naik bus DAMRI jurusan Leuwipanjang - Dago (Dipatiukur) dengan rute: Leuwipanjang - Jln. Kopo – Jln. Pasir Koja – Jln. Astana Anyar – Jln. Kebon Jati – Jln. Otista – Stasion – Jln. Perintis Kemerdekaan – Jln. Wastukencana – Jln. Riau – Jln. Ir. H. Juanda – Dipatiukur (seberang Unpad).

Tempat wisata yang bisa dikunjungi: Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Gasibu, Gedung Sate, Pasar Baru Bandung, kawasan Dago, Sabuga, sentra kuliner Jln. Dipatiukur, dan lainnya.

6. Akses ke tempat wisata Peta Park
Jaraknya sekitar 1 km dari Terminal Leuwipanjang. Untuk ke tempat wisata kekinian ini, naik angkot jurusan Cibaduyut - Kebon Kalapa berhenti di depan Peta Park (sebelum Mall Festival Citylink) daerah Bojongloa/Jln. Peta. Rute angkot tersebut: Jl. Cibaduyut/Leuwipanjang – Jl. Bojongloa – Jl. Peta – Jl. BKR – Jl. Moh. Toha – Jl. Pungkur – Terminal Kebon Kalapa.

7. Akses ke sentra tekstil Cigondewah
Dari terminal jalan ke Jln. Leuwipanjang atau ke Jln. Soekarno-Hatta depan BCA. Lalu, naik angkot Cipatik - Tegallega (warna kuning). Rutenya: Jln. Leuwipanjang - Jln. Soekarno Hatta - dari stopan belok kiri ke Jln. Kopo - belok kanan ke Jln. Caringin - Jln. terusan Holis - Cigondewah Rahayu (sentra tekstil). Atau bisa naik angkot Ciwastra - Cijerah dari Jln. Leuwipanjang dengan rute: Jln. Soekarno Hatta - Kopo - Cirangrang - Cibolerang - Cigondewah - Cijerah.

8. Akses ke Pasar Baru
Naik angkot jurusan Kebon Kalapa, turun di ITC Kebon Kalapa, sambung angkot warna biru jurusan Kebon Kalapa – Sukajadi, turun di pabrik Kopi Aroma, dari situ tinggal lurus lewati jalan kecil ke arah Pasar Baru.

9. Akses ke Panghegar Waterboom
Naik angkot Cibaduyut - Cicaheum, turun di seberang Jln. Sukaati (dekat Gedung LEN/seberang Jln. Pasirluyu) atau bisa juga dari seberang Perumahan Batununggal (perempatan/Bank Mandiri). Dari situ naik ojek ke arah Panghegar Waterboom. Dari jalan masuk Sukaati ada juga angkot Kebon Kalapa - Mengger, namun sangat jarang.

10. Akses ke Kebun Binatang Bandung
Naik bus DAMRI jurusan Leuwipanjang - Dago, turun di perempatan Jln. Sulanjana - Dago, naik angkot Cicaheum - Ledeng turun di Kebun Binatang Bandung.

- Foto-foto di Terminal Leuwipanjang LIHAT DI SINI
- Video di Terminal Leuwipanjang TONTON DI SINI