Review

Awal 2017, Terminal Internasional Bandara Husein Sastranegara Mulai Beroperasi




Terminal Internasional Bandara Husein Sastranegara Baru 2017

Bandar udara internasional yang terletak di kawasan Andir, Bandung ini terus dibenahi dan  pada awal Januari 2017 akan diresmikan terminal internasional baru. Untuk daya tampungnya sendiri, terminal internasional ini mencapai 1 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, jumlah penumpang internasional mencapai dari 600.000 penumpang per tahun. Setahun ke belakang, PT Angkasa Pura II telah merenovasi bandara ini. Bandara Husein memang dipersiapkan sebagai Bandung Tourism Airport dan masih memiliki 5-6 slot penerbangan internasional.

Sementara konsep bangunan untuk terminal internasional di Bandara Husein Sastranegara tersebut, hampir sama dengan terminal domestik yang pembangunannya telah selesai pada April 2016 lalu. Untuk desainnya interior di terminal internasional dibantu oleh Wali Kota Ridwan Kamil sehingga konsep desinnya disamakan.

Terminal internasional ini berdiri di atas lahan kurang lebih 5.000 meter persegi. Namun, untuk luas lahannya lebih kecil daripada terminal domestik yang mencapai 12 ribu meter persegi. Sementara Wali Kota Ridwan Kamil mengungkapkan walau terminal internasional ukurannya tidak terlalu luas, tetapi tetap mesti memiliki visi-visi yang jelas, serta yang utamanya ialah memberikan kenyamanan kepada para penumpang. Sehingga, indikator keberhasilan dari suatu pelayanan tersebut ialah zero laporan atau komplain.

Masukan Ridwan Kamil
Wali Kota yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga memberi masukan kepad PT Angkasa Pura untuk memiliki mobil kecil. Mobil kecil tersebut untuk memudahkan kepada pengunjung bandar lanjut usia. Agar  saat penumpang lansia tersebut turun dari pesawat dapat naik mobil kecil tersebut ke pintu masuk bandara.

Hal lainnya yang disinggung Kang Emil terkait banyaknya taksi-taksi yang tidak berargo di area bandara. Ridwan Kamil mengakui banyak penumpang yang melaporkan ke Pemkot Bandung masalah taksi di sana. Untuk itu, Ridwan Kamil mengusulkan perlu adanya aturan jadwal masuk keluar agar taksi teratur. Usulan lainnya perlu adanya tempat parkir yang representatif dengan usulan dengan membuat gedung parkir bertingkat.

Bandung Favorit Wisatawan Malaysia dan Singapura
 Dengan keberadaan terminal baru tersebut dapat mendongkrak jumlah wisatawan, terutama wisatawan mancanegara untuk datang ke Kota Bandung. Apalagi Kota Bandung merupakan gerbang masuk menuju wisata-wisata di wilayah Jawa Barat. Bandara Husein Sastranegara melayani tiga rute penerbangan internasional antara lain ke Johor Bahru, Kuala Lumpur, dan Singapura. Dan ke depan, pihak pengelola Bandara meminta maskapai untuk membuka rute penerbangan baru ke Bangkok, Thailand.

Selama ini Bandung menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi wisatawan asal Malaysia dan Singapura. Uniknya, para wisatawan tersebut biasa melancong ke Bandung saat hari kerja, bukannya saat masa liburan. Wisatawan dari Malaysia dan Singapura berkunjung saat hari biasa alasannya karena jalanan tidak macet. Adapun alasan Bandung jadi destinasi wisata favorit karena Bandung wisata di Bandung lengkap dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata belanja.