Review

Bukit Jamur, Tempat Foto Selfie Kekinian di Rancabolang Ciwidey




Bukit Jamur Rancabolang Ciwidey

Tempat ini lebih pas bila disebut spot selfie favorit wisatawan. Tempat ini memang semakin eksis di kalangan wisatawan yang kemudian mengunggahnya ke media sosial. Hamparan hijau rerumputan dengan pohon-pohon cemara di sekelilingnya menjadi pesona keindahan tersendiri saat pengunjung berswafoto di sini. Bukan hanya jadi tempat selfie, tempat ini pun mulai jadi spot pilihan bagi pasangan calon pangantén anyar yang melakukan sesi foto prewedding.

Bukit Jamur itulah nama yang disematkan warga setempat pada bukit ini. Di sini memang tidak ada jamur atau hal lainnya yang berbentuk jamur. Ini merupakan area bukit kecil yang penampakannya dilihat dari jauh seperti jamur. Beda halnya dengan Bukit Jamur di Desa/Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur dimana di sana di atas perbukitan banyak batu-batu yang memang bentuknya seperti jamur.

Bukit Jamur versi Rancabolang Ciwidey ini yang ada hanya lapangan rerumputan plus pohon-pohon cemara dengan bentuk seperti pendul peuteuy (bunga petai). Dan tentunya di sini plus hawa sekitar yang menyejukkan. Di sini pun pun ada bangunan peninggalan zaman Belanda.

Rute ke Bukit Jamur, Rancabolang, Ciwidey
Inilah tempat berfoto yang kini kian ngehits di kalangan netizen. Selain menyajikan pemandangan yang pas buat para penghobi memotret, Bukit Jamur pun termasuk wisata murah meriah. Untuk akses ke tempat ini terbilang teu jauh-jauh teuing alias agak jauh. Arahnya ke kawasan Geodipa Energi atau kawasan Kebun Teh Rancabolang milik PTPN VIII Ciwidey. Dari Bandung ambil arah keluar tol Kopo - belok kanan ke arah Sayati - Margahyu- Soreang –  Katapang – Soreang – Pasir Jambu – Ciwidey – Baru Tunggul (Taman Unyil) – Dusun Keneng – Desa Rancabolang.

Jika sudah sampai di Ciwidey, arahkan kendaraan ke arah Desa Rancabolang (sesudah Alfamart /ada pasar sebelum Ciwidey Valley Resort). Lalu ada belokan kiri ke arah Desa Rancabolang lalu menuju arah Baru Tunggul - Desa Rancabolang - pertigaan PLTU Geodipa Energi Patuha- Bukit Jamur Rancabolang.

Bila naik kendaraan umum, dari Leuwipanjang naik angkutan umum ke Terminal Ciwidey. Dari terminal, dilanjutkan naik angkot kuning ke arah Rancabali dan berhenti di dekat pasar sebelum Ciwidey Valley Resort. Dari sana bisa naik ojek ke lokasi. Peta lokasi lihat di sini. Jika merasa masih bingung, pas dekat lokasi coba tanya saja ke penduduk sekitar: "Bu/Pa/Teh/Kang...punten dupi ka arah Bukit Jamur, ka palih mana nya jalanna?".