Review

Nostalgia Tembang Kenangan Indonesia di Radio Online Baraya




Penyanyi dan Band 90an yang terkenal

Bagi Anda yang pernah merasakan atmosfer musik era 1990an, mungkin merasakan bagaimana kualitas dan kuantitas musik pada zaman tersebut menjadi memori tersendiri. Pada era tersebut, banyak genre dari berbagai penyanyi atau band sehingga tidak ada kejenuhan. Pendengar banyak pilihan dalam menikmati musik walau dengan peralatan mendengarkan musik masih sederhana dibanding sekarang. Dan waktu itu, kaum muda masih bebas dari "penjajahan" gadget. Untuk sarana hiburan utama paling televisi dan radio.

Rekam lagu pakai kaset kosong
Waktu itu, kaset masih masih menjadi pilihan utama. Untuk tempat beli kaset di Bandung sendiri salah satunya yang terkenal di Aquarius Dago. Walaupun waktu itu mulai tren juga penggunaan disc man, namun masih jarang pemakainya. Alat portable paling favorit untuk mendengarkan musik masih didominasi walkman dengan tenaga baterai. Tidak seperti sekarang yang bisa mendengarkan musik di MP3 yang bisa dicari bebas di internet. Era '90an, untuk mencari lagu favorit yang variatif yakni di radio dan merekamnya di kaset kosong dengan menggunakan tape recorder.

Tak dapat dilepaskan pula peran radio untuk di Bandung sendiri dan kota-kota lainnya meramaikan tersebarnya karya musik era '90an, seperti di Bandung ada radio Ardan, OZ, MGT, dan lainnya. Waktu itu, stasiun radio dengan dukungan sponsor malah berlomba menggelar event dengan bintang tamu papan atas. Dan tempat favorit untuk menggelar konser musik di Bandung adalah di Lapangan Saparua. Era '90an adalah masa kaum muda Bandung bersatu dalam kebersamaan di konser musik.

Aneka tema musik '90-an
Walau pada era 90an cinta masih mendominasi namun tema lain pun ikut  meramaikan khazanah musik saat itu dari tema sosial, politik, alam, dan lainnya. Penikmat masih bisa mendengarkan lantunan duet Iwan Fals dengan Frankie Sahilatua, Nugie, Slank, Sahara, dan lainnya. Untuk tema cinta pun, band Kahitna, Java Jive, T Five, ME, Male Six, hingga R42  menjadi favorit tersendiri dengan tema-tema cinta yang lekang masih dinikmati sampai sekarang. Lebih dari itu, karya musik era '90an rasanya lebih berkarakter dan tak sekadar mengikuti pasar.

Dan kehadiran MTV menjadi media favorit para remaja waktu itu. Nama VJ MTV seperti Nadya Hutagalung, Jamie Aditya, Sarah Sechan, Shanty, Alex Abbad, Nirina Zubir, dan lainnya menjadi host musik favorit remaja angkatan '90-an. Dan stasiun TV yang berkolaborasi dengan dengan MTV waktu itu adalah ANTV. Namun, televisi lainnya pun tak mau ketinggalan membikin program musik sendiri seperti RCTI dengan Delta (Deretan Lagu Terbaik).

Musik Indie
Satu lagi yang menjadi bagian kejayaan musik era '90-an adalah  musik indie yang merupakan tempat alternatif bagi penikmat musik. Nama PAS Band, Pure Saturday, dan lainnya adalah contoh era kejayaan musik waktu itu. Malah, kolaborasi musik indie pun pernah booming pada era tersebut, salah satunya album Pesta Alternatif. Sementara untuk genre musik lainnya ada juga musik parodi yang dimotori P Project; musik rap dengan Iwa K dan Denada; musik rock dengan Sahara, Jamrud, Power Metal, dll; hingga musik romantis yang memunculkan nama Bening, Lingua, Cool Colors, Coboy, dan lainnya.

Musik soundtrack sinetron pun pernah mengalami kejayaan di era '90an seperti sinetron Keluarga Cemara, Hati Seluas Samudera, Janjiku, Tersanjung, hingga OST Kembalinya Pendekar Rajawali yang dinyanyikan Yuni Shara. Nama-nama band dan penyanyi favorit pada era '90an di antaranya: KLa Project, Dewa 19, Slank, Gigi, /RIF Kahitna, Java Jive, Base Jam, Wayang, Krisdayanti, P Project (Padhyangan), Lingua, Nadila, Potret, Gallery, Mayang Sari, PAS Band, Wong, Funk Section, Stinky, Andre Hehanusa, DOT (Eza Yayang), DMC, Jingga, KIN Band, R42, Boomerang, Skate, ADA Band (vokalis Baim), Bayou, Andy Liany, Bragi, Singiku, Five Minutes, Rita Effendy, Tika Bisono, T Five, Modulus, U Camp, dan lainnya.

Bagi Anda yang kangen dengan musik era '90an, bisa mendengarkannya di Baraya yang bisa diputar di PC/laptop, Android, BB, dan iPhone. Inilah link media player untuk mendengarkan musik era '90-an di SBR (disarankan gunakan akses internet dengan WiFi).