Review

Bioskop Alternatif di IndiCinema, Bale Motekar, Jln. Banda




Bioskop film Indicinema di Bale Motekar Bandung

Sejak zaman kolonial, Bandung dan perkembangan film tak dapat dipisahkan. Pada zaman Belanda, kebiasaan urang Bandung untuk lalajo film memang sudah jadi budaya tersendiri. Tak heran bila banyak bioskop yang berdiri di beberapa titik di pusat Kota Bandung dari kelas rakyat hingga kelas elite. Bioskop di Bandung pun terus berjaya hingga era '80an dan mulai meredup saat era Reformasi. Kebanyakan kini bioskop-bioskop hadir di mall-mall besar Bandung.

Namun, Bandung tak kehilangan rohnya sebagai kiblat film Indonesia. Bandung banyak melahirkan sineas-sineas Tanah Air, komunitas-komunitas film indie, hingga festival film seperti Festival Film Bandung yang digagas Forum Film Bandung (FFB). Tak terkecuali anak-anak muda pun banyak yang bergiat dalam bidang film, di antaranya Ruang Film Bandung dan Warung Film yang menghadirkan Bioskop Alternatif IndiCinema Bandung.

Bagi Anda, terutama kawula muda, yang ingin menyaksikan film-film yang lain daripada yang lain bisa mengunjungi bioskop alternatif ini di Bale Motekar Padjadjaran Jln. Banda no. 40 Bandung. Kehadiran bioskop mini ini difasilitasi Digital Innovation Lounge (DILo). Bioskopnya sendiri berada di ruangan lantai 3 yang disulap DILo bersama Kojo Anima sebagai ruang teater.

Fasilitas bioskop
Fasilitas bioskop mini ini di antaranya:
- Studio kapasitas 56 kursi
- Proyektor canggih
- Tata suara lima titik
- Kursi yang didesain khusus untuk kenyamanan penonton

Kategori film yang diputar
Adapun kategori film yang ditayangkan adalah:
- Feature film yang telah turun layar di bioskop konvensional
- Film dokumenter panjang
- Film fiksi panjang
- Film edukatif
- Film kompilasi film pendek

Harga tiket dan jadwal pemutaran film
Dengan harga tiket Rp 10.000-Rp 15.000, penonton bisa datang ke Bale Motekar Padjajaran untuk menyaksikan film-film Indonesia. Adapun untuk jadwal penayangan film di antaranya pada hari:
- Rabu - Kamis: setiap pukul 13.00-15.15
- Jumat: setiap pukul 13.00, 15.15, dan 17.30
- Sabtu dan Minggu: setiap pukul 11.00, 13.00, 15.15, dan 17.30

Bioskop IndiCinema
Bale Motekar Jln. Banda no. 40 Bandung
[Lihat peta lokasi]
Kontak: 0838-2740-5519

Profil Ruang Film BandungRuang Film Bandung adalah wadah silaturahmi sekaligus ajang bertukar informasi dan pengalaman bagi praktisi juga pecinta film yang ada di Bandung. Wadah ini sebenarnya telah terbentuk sesaat setelah berlangsungnya konferensi yang diadakan oleh praktisi film di Bandung yakni Konferensi Film Bandung pada tahun 2013 lalu.

Tujuan dari pembentukan Ruang Film Bandung untuk mendongkrak geliat perfilman di Bandung dan menyatukan berbagai komunitas film independen di Bandung yang selama ini berjalan masing-masing tanpa wadah. Dengan terbentukya Ruang Film Bandung, diharapkan informasi tentang perfilman bisa disampaikan dengan lebih efektif.

Dengan demikian, diharapkan anggota komunitas yang sebagian besar berperan sebagai praktisi, bisa memacu produktivitasnya dalam dunia perfilman. Dengan demikian, bukan hanya industri perfilman Bandung yang terpicu, tetapi juga kontribusinya terhadap geliat perfilman nasional.

Twitter:
- @ruangfilmbdg
- @indicinemaBdg