Review

Teras Cihampelas, Ikon Wisata Baru di Bandung




Jembatan Teras Cihampelas Sky Walk

Jalan Cihampelas selama ini dikenal sebagai destinasi wisata belanja Bandung. Toko-toko fashion (celana jeans, kaos, dll), sentra oleh-oleh dan souvenir, hotel, tempat kuliner, mall. hingga pool travel berjejer di jalan yang melintas dari belokan Jln. Setiabudhi bawah hingga ke perempatan jalan layang Pasupati di arah selatan. Inilah jalan legendaris di Bandung yang terbilang selalu sesak pengunjung, terutama saat weekend dan musim liburan.

Di era kepemimpinan Wali Kota Ridwan Kamil, Jln. Cihampelas mengalami pembenahan dengan hadirnya Cihampelas Skywalk. Kehadiran jembatan pedestrian tersebut menjadi magnet baru bagi para wisatawan. Teras Cihampelas atau Skyawalk Cihampelas ini telah dibuka pada Sabtu, 4 Februari 2017.

Dan informasi terbaru kehadiran spot wisata di Bandung ini pun langsung menyebar secara viral di media sosial. Termasuk Ridwan Kamil sendiri langsung mempromosikan hadirnya Teras Cihampelas dengan membagian foto di akun medsos yang dikelolanya.

Berikut ini beberapa informasi seputar Teras Cihampelas atau Cihampelas Skywalk:

1. Jalur pedestrian dan penampungan PKL
Desain skywalk utamanya merupakan jalur pedestrian bagi pejalan kaki. Teras Cihampelas juga menjadi tempat bagi pedagang kaki lima (PKL) yang biasa berjualan di Jalan Cihampelas. Para pedagang yang biasa berjualan di sisi jalan akan dipindahkan ke atas jembatan yang melintang di Jln. Cihampelas ini. Pada tahap pemindahan pertama, tersedia sekitar 182 lapak bagi PKL. Dalam pengelolaannya, para PKL sendirilah yang bertanggung jawab memelihara Teras Cihampelas.

Sementara manfaat lainnya, toko-toko yang berjejer di Jl. Cihampelas, nantinya  bisa menaikkan bangunannya hingga berlantai tiga, sehingga memudahkan para pejalan kaki dari skywalk untuk masuk ke toko dan  berbelanja.

2. Mengusung konsep hijau
Di atas jembatan dibangun jalur hijau berupa tanaman-tanaman kecil yang berada di kedua sisi jembatan. Di lokasi juga dipasang sejumlah tempat duduk. Meski berada di atas jalan, pengunjung tidak usah khawatir tersengat terik matahari sebab jembatan tersebut dipenuhi pepohonan rimbun. Namun memang saat hujan turun jadi kendala tersendiri.

3. Rencana diresmikan Maret 2017
Teras Cihampelas atau Cihampelas Skywalk memang ditargetkan bisa dinikmati publik secara lengkap mulai awal Maret 2017 mendatang. Sekarang ini baru pembangunan beberapa tahap. Dan tahap awal, diresmikan pada 4 Februari 2017 lalu. Dengan keberadaan skywalk, para pejalan kaki bisa melenggang dengan aman dan nyaman dan kendaraan pun bisa melaju tanpa lalu lalang orang  yang menyeberang.

4. Profil jembatan Teras Cihampelas
Jembatan pedestrian Teras Cihampelas membentang sepanjang 450 meter dengan lebar 9 meter dan tinggi 4,6 meter di atas jalan raya Cihampelas. Adapun material yang digunakan dalam pembangunan konstruksi jembatan Teras Cihampelas adalah besi baj‎a jenis H-Beam. Sementara untuk lantai sebagian menggunakan kayu,  keramik, beton hingga granit. Per meter persegi bisa menahan berat beban hingga 300 orang. Jembatan pedestrian ini dibangun mulai arah RS Advent hingga Hotel Promenade.

5. Di balik pembangunan Teras Cihampelas
Pembangunan  skywalk  sebenarnya  merupakan  rencana yang  sudah didengungkan sejak tahun 2014. Saat itu, wacananya skywalk  akan membentang dari Tamansari hingga Cihampelas. Kehadiran jembatan ini untuk mengurangi penumpukan kendaraan di kawasan Cihampelas karena para pengendara bisa memarkirkan kendaraannya  di Jln. Tamansari, kemudian berjalan melalui skywalk untuk berwisata belanja di  Jl. Cihampelas.

Proyek Teras Cihampelas dikerjakan oleh PT Likatama Graha Mandiri. Teras Cihampelas dibangun dengan dana APBN 2016 sebesar Rp 48 miliar. Dan pada 2017 ini, Pemkot Bandung berencana mengeluarkan dana Rp 30 miliar dari APBD untuk melanjutkan jembatan pedestrian hingga ke Jalan Pasupati. Juga ada rencana mengintegrasikan Teras Cikapundung dengan salah satu halte cable car.

Teras Cihampelas pertama kali dibangun pada pertengahan September 2016. Pembangunan Teras Cihampelas seharusnya ditargetkan rampung akhir Desember 2016. Namun, karena banyak kendala, proyek tersebut molor hingga Januari 2017. Hal tersebut karena sebelumnya jam kerja terbatas, dari pukul 24.00 - 05.00 WIB. Akhirnya atas kebijakan Wali Kota, pengerjaan dimulai pukul 20.00 - 06.00 WIB.

Video Teras Cihampelas tonton di sini

Lokasi wisata terdekat dengan Jln. Cihampelas:
- Teras Cikapundung (arah Jln. Siliwangi)
- Punclut (ke arah utara lewat Jln. Ciumbuleuit)
- Kebun Binatang Bandung
- Sasana Budaya Ganesha (Sabuga)
- Hutan kota Babakan Siliwangi (Baksil) / dekat Sabuga
- Kawasan Kampus ITB
- Kawasan Jln. Dago (Tahura/Tebing Keraton)
- Jln. Merdeka (Bandung Indah Plaza/BIP, Taman Balai Kota, Taman Tepian Anak Sungai Cikapayang, Taman Vanda)
- Sentra kuliner Jln. Dipatiukur dan Monumen Perjuangan (Monju)
- Kolam renang dengan view jembatan Pasupati di Grandia Hotel