Review

Warunk Lekoh, Tempat Kuliner dan Nongkrong di Jln. Sriwijaya, Bandung




Warunk Lekoh Jalan Sriwijaya Bandung

Inilah tempat kuliner yang menyajikan menu-menu nikmat sekaligus menghadirkan tempat yang nyaman. Warunk Lekoh, tempat kuliner yang launching pada Mei 2016 lalu tersebut kian hari makin dikenal wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Lokasi Warunk Lekoh berada di Jln. Sriwijaya no. 65 Bandung. Jalan tersebut berada di antara Jln. Soekarno-Hatta dan Jln. BKR Bandung.

Tempat kuliner dan nongkrong asyik
Bila Anda dari Jakarta, bisa keluar dari tol Moh. Toha dan di perempatan belok kanan sedikit ke arah timur. Sekitar 100 meter dari stopan Moh. Toha di sebelah kiri ada jalan masuk ke Jln. Sriwijaya. Akses lain bisa dari Jln. BKR. Dari arah Patung Ikan di perempatan Jln. BKR, lurus ke arah timur, nanti ada perempatan Jln. BKR dan Jln. Sriwijaya, belok kanan ke Jln. Sriwijaya yang mengarah ke selatan (Jln. Soekarno-Hatta). Untuk akses angkot jurusan Elang-Gedebage atau Kebon Kalapa - Mengger (angkot jarang).

Tempat makan ini bernuansa industrial dimana ada dekorasi 3D painting gallery yang sangat cocok untuk berswafoto.Di sini pun tersedia akses internet WiFi gratis. Adapun untuk bangunannya sendiri terdiri dari dua lantai. Lantai pertama cocok bagi yang ingin makan langsung. Di lantai ini terdapat deretan meja dan kursi tegak. Bagi yang ingin lebih nyantai bisa ke lantai dua. Di lantai ini terdapat meja dan deretan sofa yang cocok buat bersantap kemudian leyeh-leyeh.

Aneka sajian menu kuliner menggoda
Bagi yang ingin menggelar pertemuan dengan rekan bisnis, Warunk Lekoh bisa jadi pilihan. Tempat kuliner di Bandung ini pun cocok buat menggelar acara pesta ulang tahun, arisan, gathering, atau reunian. Untuk yang suka ngopi, di sini pun ada coffee bar dengan sajian kopi aceh, kopi toraja, kopi medan, dan lainnya.

Pilihan kopi lainnya ada espresso, cappuchino, caffe latte, hazelnut latte, caramel latte, vanilla late, afogato, dan lainnya dengan pilihan reguler atau premium dengan harga sekitar Rp20.000an. Minuman lainnya ada jus jeruk, jus jambu jus alpukat, dan lain-lain yang dibanderol dari Rp15.000 hingga Rp20.000an.

Untuk minuman smoothies ada lychee smoothies, strawberry smoothies, chocolate smoothies dan lainnya di kisaran Rp20.000an. Bagi penikmat teh ada sajian teh dengan harga dari Rp4.000 - Rp15.000an di antaranya ada fruit coctail flavour iced tea, lemon tea, teh poci, dan lainnya. Untuk yang suka minuman khas Sunda ada bandrek original dan bandrek susu. Sedangkan untuk dessert ada pilihan ice cream combo, es kelapa, sop durian, es cendol lekoh, banana split, aneka roti bakar, dan lainnya yang dibanderol dari Rp12.000 - Rp20.000an.

Istilah "lekoh" dalam bahasa Sunda mempunyai makna 'kental' yang biasa diasosiasikan pada makanan atau minuman, yakni untuk bumbu masakan yang benar-benar terasa di lidah atau merujuk pada sajian minuman kopi yang kental. Makna rasa inilah yang memang menjadi ciri khas Warunk Lekoh. Makanan yang disajikan memang terasa banget di lidah sehingga bikin makan nambah dan nambah lagi. Apalagi jika Anda menjajal kuliner di rumah makan ini balakecrakan (makan ramai-ramai) bareng teman-teman atau keluarga tercinta.

Kuliner khas Sunda
Sajian menu khas Sunda memang menjadi primadona di rumah makan ini. Ada nasi liwet bisa menjadi pilihan Anda makan bareng bersama teman-teman atau keluarga. Suasana makan khas pilemburan dapat Anda rasakan dengan menyantap nasi liwet di atas daun pisang.  Apalagi nasi liwet tersebut dilengkapi dengan ikan peda bakar, sambal tarasi, ayam goreng, tahu-tempe goreng, dan aneka lalapan.

Untuk makan ada pilihan nasi putih, nasi tutug oncom, nasi granat, nasi sambal teri cabe ijo, nasi udang barong ladang, nasi liwet kastrol (Rp28.000), nasi timbel komplit (Rp27.000), juga aneka pepes (ayam, tahu, peda, jamur).

Sebagai pelengkap santap Anda ada aneka tumisan seperti tumis jamur, tumis asin cumi, tumis buncis, sampai jengkol dan petai. Bagi penyuka jengkol, Anda bisa menjajal jengkol balado Lekoh atau semur jengkol kecap. Harga aneka tumisan dari Rp5000 - Rp10.000. Untuk pelengkap makan nasi ada ikan gurame (goreng/bakar/pesmol, sop gurame, ikan mas goreng, gepuk, babat, ati ampela, usus ayam, dan lainya.  

Untuk menu yang lebih besar yakni nasi liwet yang dimasak di kastrol. Mmmh, makan semakin nikmat dengan lauk aneka pepes, gurame, pesmol, asin jambal, gepuk, ditambah karedok atau sayur asem. Pokona nyunda pisan lah. Namun pengunjung pun bisa pesan makan untuk sendiri atau 1-2 orang. Menu makanan lainnya buka hanya khas Sunda, ada juga makan luar seperi chicken mayonaise, niku iri udon, chicken cordon bleu, hingga nasi goreng kampung. 

Warunk Lekoh
Jl.Sriwijaya No.65, Bandung
[Lihat peta lokasi]

Jam buka: setiap hari pukul 10.00 - 22.00 WIB
Telepon: (022) 5212378
Instagram: @warunklekoh