Review

Wisata Taman Sejarah Dekat Balai Kota Bandung




Taman dan Museum Sejarah Kota Bandung

Sebuah taman baru kini telah hadir yang lokasinya berada di sebelah utara Gedung Balai Kota Bandung. Letaknya persis dekat perempatan Jln. Merdeka dan Jln. Aceh. Di lokasi ini dibuat taman dengan adanya fasilitas bangku-bangku dan kolam kecil. Spot yang dinamakan "Taman Sejarah" ini mulai dibuka untuk umum pada Minggu, 22 Januari 2017. Namun, taman ini sendiri belum diresmikan.

Konsep taman ini sebagai tempat rekreasi sekaligus edukasi. Taman ini lokasinya dekat dengan Taman Sungai Cikapayang di Jln. Merdeka, Taman Balai Kota, dan Taman Vanda. Bila Anda sedang berkunjung ke Taman Vanda, tinggal jalan kaki saja menyusuri trotoar Jln. Merdeka ke arah utara (arah Bandung Indah Plaza/BIP) atau persisnya di area bekas lapangan parkir gedung DPRD Kota Bandung.

Kolam kecil
Kehadiran taman ini langsung mendapat antusiasme masyarakat. Seperti terlihat pada hari tersebut, banyak wisatawan yang mengunjungi taman ini. Para pengunjung banyak yang bersantai di area taman. Sementara anak-anak asyik guyang bermain air di kolam kecil setinggi betis orang dewasa di taman yang ada di pinggir jalan tersebut. Spot rekreasi air di Taman Sejarah memang menjadi favorit anak-anak.

Di area sini pun ada dinding berelief dan diorama wali kota-wali kota masing-masing di kaca yang pernah menjabat di Bandung, dari era Wali Kota Bertus Coops, R.A. Atmadinata, R. Syamsoerizal, Ukar Bratakusumah, R. Enoch, R. Priatna Kusumah, R. Didi Djukardi, R. Hidayat Sukarmadidjaja R. Otje Djoendjoenan, H. Utju Djoenaedi,  R. Husein Wangsaatmadja, Ateng Wahyudi, Wahyu Hamidjaja, AA Tarmana, Dada Rosada, hingga Ridwan Kamil.

Museum Sejarah Bandung
Kehadiran taman tersebut satu paket dengan museum sejarah Bandung. Museum Sejarah Bandung tersebut akan dibangun di bekas bangunan Dinas Pemuda dan Olahraga, Jalan Aceh (seberang taman). ‎Museum sejarah dibangun di atas lahan 1.300 meter persegi. Anggaran yang dialokasikan Rp 10,3 miliar dengan 3 lantai ruangan dan 1 lantai dak dan tngginya 12 meter. Untuk peresmian museum direncanakan pada Mei 2017 nanti.

Bangunan museum sejarah Bandung tersebut merupakan museum sejarah yang akan didesain sederhana. Bangunan seperti balok yang berdiri, disandingkan balok yang duduk. Desain dinding pun tidak ada aksen khusus, berupa onblock. Walau berdesain sangat minimalis, pada bagian penyajian konten museum menampilkan artefak dari Belanda dan visualisasi modern. Untuk alat visualisasi bakal didatangkan dari Kanada seharga Rp 3 miliar, belum termasuk software. Sementara untuk perangkat suaranya dari Finlandia

Konsep digital
Penyajian di Museum Sejarah Bandung ini bakal menyajikan konsep digital. Pengunjung bisa mengetahui penjelasan tentang sejarah tertentu hanya dengan sensor tangan, tidak perlu menyentuh layar. Selain itu, sembilan patung pahlawan dari Kota Bandung juga akan menghiasai pelataran museum yang digagas pada 2015 tersebut di antaranya Dewi Sartika.

Museum sejarah ini terintegrasi dengan Bandung Planning Gallery yang terletak di taman sejarah yakni di seberang museum sejarah. Jadi konsepnya, museum sejarah memuat masa lalu Bandung sementara Bandung Planning Gallery yang ada di seberangnya adalah Bandung versi masa depan. Untuk peresmiannya, direncanakan akan mengundang keluarga besar pendiri Kota Bandung, Wiranatakusumah.

- Peta lokasi Taman Sejarah Bandung lihat di sini
- Video Taman Sejarah Bandung tonton di sini
- Foto-foto di Taman Sejarah Bandung lihat di sini