Review

Cara Mengajukan Kredit Mikro Utama Bank BJB untuk UMKM




Kredit Bank BJB untuk UMKM

Alasan klasik bagi para pelaku wirausaha di Indonesia yakni mengalami kendala ketika ingin mengembangkan usahanya, salah satunya masalah pendanaan. Kecukupan modal untuk memulai atau mengembangkan usaha menjadi permasalahan tersendiri. Kebingungan kerap melanda para pelaku usaha terkait akses modal.

Kredit bunga rendah Bank BJB untuk UMKM
Untuk mendorong pertumbuhan kredit dan berkembangnya sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Bank BJB menyediakan dua produk antara lain Kredit Mikro Utama (KMU) dan Kredit Cinta Rakyat (KCR). Kredit yang ditawarkan untuk UMKM memiliki bunga rendah. Dengan kredit bunga rendah diharapkan menjadi salah satu pemicu pertumbuhan wirausaha khususnya di Jawa Barat.

"Kami memberikan satu program untuk menggerakkan roda perekonomian di daerah, khususnya Jabar dan Banten. Kami harapkan dengan suku bunga itu, bisa mendorong dan membangkitkan perekonomian di perdesaan,” ungkap Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan.

Adapun usaha UMKM yang bisa mendapatkan kredit dana mikro ini hanya untuk usaha yang telah berjalan produktif selama minimal 2 tahun sehingga sudah pantas dan layak untuk mendapatkan pinjaman. Usaha yang sudah berjalan 2 tahun bisa dipastikan akan tetap eksis dan sudah memiliki pelanggan.

Sementara untuk menekan non-performing loan (NPL/kredit bermasalah), Bank BJB telah menggulirkan program edukasi kepada para pelaku UMKM agar mereka memahami manajemen bisnis, termasuk mengatur keuangan, sehingga mampu melakukan pengembalian.

Kredit Mikro Utama Bank BJB
Calon nasabah yang dapat menikmati fasilitas Kredit Mikro Utama dari Bank BJB adalah para pelaku usaha perorangan dalam sektor ekonomi produktif yang masuk kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti pengusaha kecil, pedagang, wirausaha, wiraswasta produktif (khusus perorangan) yang saat ini aktif menjalankan usahanya minimal 2 tahun.

Tujuan pengajuan kredit bagi pelaku usaha bisa untuk modal kerja maupun investasi. Adapun besaran plafon kredit minimal 5 juta s.d. 500 juta. untuk jangka waktu pinjaman minimum 12 bulan dan maksimum 60 bulan. Khusus untuk plafon diatas 50 juta, jangka waktu kredit maksimum 36 bulan

Untuk dokumen persyaratan kredit, silakan persiapkan:
1. Dokumen identitas (copy sesuai asli)
a. KTP calon debitur dan pasangan (bila ada) yang masih berlaku
b. NPWP calon debitur dan pasangan
c. Kartu Keluarga (KK)
d. Akta Nikah/ Surat Cerai/Surat Kematian (apabila relevan)

2. Dokumen Usaha (copy sesuai asli)
a. Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
b. SIUP untuk Plafon kredit ≥ 250 Juta

3. Dokumen kepemilikan Agunan (asli) beserta kelengkapan/dokumen pendukungnya

Info lebih lanjut seputar layanan Bank BJB, silakan hubungi BJB Call 14049
Twitter: @infobankbjb
Facebook: @BankBJBOfficial
Instagram: @bankbjb