Review

Event "Seni Bandung" Bakal Digelar 25 September - 25 Oktober 2017




Event Seni Bandung September-Oktober 2017

Sejumlah seniman, komunitas, dan pegiat seni di Bandung berkolaborasi dengan akan menggelar kegiatan seni tahunan pada 25 September - 25 Oktober 2017. Event kolaborasi seni tradisi dan modern selama sebulan penuh tersebut diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung bekerja sama dengan para pelaku seni. Kegiatan pertunjukan seni ini pun mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Tema air, tanah, dan udara
Event "Seni Bandung" ini akan menghadirkan seni di bidang musik, tari, sastra, teater hingga rupa. Seni-seni akan ditampilkan dengan menggabungkan konsep alam. Event tersebut akan mengusung konsep kesenian, kebudayaan, dan komunitas. Untuk event tahun ini diangkat dengan tema 'air, tanah, dan udara'. Tema tersebut dipilih sebagai cara puitis untuk menunjuk unsur-unsur alam yang menjadi faktor pembentuk kehidupan kota.

Sementara itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi dengan akan diselenggarakannya "Seni Bandung" ini. Hal ini menjadi bentuk upaya mewujudkan cita-cita warga Bandung dalam menciptakan kebudayaan dan seni sebagai identitas Kota Bandung.

Dalam rilis dari penyelenggara, diungkapkan bahwa "Seni Bandung" adalah kegiatan seni tahunan dalam bentuk perayaan kesenian, kebudayaan, dan komunitas selama sebulan penuh. Kegiatan ini mentransformasi kota menjadi panggung global; mempertunjukkan penampilan-penampilan yang berkualitas; pameran-pameran dan kolaborasi dari seniman-seniman lokal maupun internasional.

Kegiatan ini bertujuan menciptakan keterhubungan yang segar dan baru dari medan sosial seni dengan komunitas urban melalu pendekatan kultural. Demi mewujudkan event ini telah dibentuk lima komite sesuai dengan ragam disiplin kesenian yang terlibat. Komite tersebut diantaranya: komite seni rupa, musik, teater, tari, dan sastra.

Sosialisasi mulai bulan ini
Sementara pembukaan sosialisasi acara "Seni Bandung" tersebut telah digelar di Jln. Dalem Kaum pada hari Senin, 20 Februari 2017. Pergelaran seni di Kota Bandung ini akan menjadi yang pertama dan terbesar karena diikuti oleh ribuan pelaku seni dari lima ragam seni yang selama ini ada di Bandung.

Dalam event nanti, genre seni yang ditampilkan yakni seni tradisional, modern juga kontemporer. Adapun untuk ruang yang digunakan mulai dari fasilitas milik pemerintah, maupun ruang seni yang diinisiasi warga, juga ruang umum. "Seni Bandung" diharapkan dapat memberikan pengetahuan luas dan baru mengenai praktik kesenian mutakhir kepada warga Kota Bandung maupun wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Para seniman dan kurator seni Bandung seperti Iman Soleh, Heru Hikayat, Budi Dalton, Syarif Maulana, Ismet Ruchimat, dan kawan-kawan terlibat dalam event ini. Beberapa pergelaran yang akan disajikan di antaranya Tabeuh Bandung Tabeuh Uing, Festival Musik Serius Pisan, Musisi Balik Bandung, Festival Musik Parapatan Bandung, Helar Adu Benjang Leutak, Bandung Dance Film Festival, temu sastrawan, diskusi sastra, dan lain-lain.