Review

Kirab Cap Go Meh 2017 di Jln. Cibadak, Bandung




Cap Go Meh 2017 Cibadak Bandung

Menurut kalender Cina, tahun baru 2017 adalah tahun baru Imlek 2568 yang menandai dimulainya tahun ayam. Lima belas hari setelahnya biasa digelar perayaan Cap Go Meh. Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Istilah ini berasal dari dialek Hokkien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Cap Go Meh tahun ini, bakal digelar kirab liong dan barongsai di Bandung.

Rute Cap Gomeh di Bandung
Pelaksanaan kirab tersebut akan digelar pada Sabtu, 18 Februari 2017 dengan melewati beberapa titik di Bandung. Untuk rute kirab: Vihara Dharma Ramsi (Cibadak) - Jln. Astana Anyar - Jln. Jend. Sudirman - Jln. Kelenteng - Jln. Kebonjati - belok perempatan Jln. Suniaraja ke Jln. Otista - belok ke Jln. Sudirman - Jln. Astana Anyar dan kembali ke Jln. Cibadak. Untuk rute kirab ini, panitia sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menutup beberapa ruas jalan dan mengalihkan arus lalu lintas.

Agenda tahunan yang rutin digelar sejak lima tahun lalu ini, rencananya akan melibatkan 15 liong dan 50 barongsai. Pada 2016, kirab Cap Go Meh sempat terhenti karena ada kendala internal masalah perizinan. Rangkaian perayaan budaya dan ritual tersebut akan dimulai Kamis, 17 Februari 2017 sore. Agenda lainnya, warga akan mendoakan bangsa Indonesia dan khususnya Kota Bandung agar mampu mengarungi tahun baru yang diperkirakan bakal sarat dengan tantangan.

Peserta dari vihara-vihara Jabar
Kirab Cap Go Meh yang melewati beberapa ruas jalan di pusat kota ini, rencananya akan dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Dalam atraksi kirab tersebut,  akan melibatkan 30 tandu joli, 15 liong, dan 50 barongsai. Adapun pesertanya berasal dari vihara-vihara, khusus yang ada di Jawa Barat.

Perayaan sesudah Imlek tersebut ramai diadakan sejak Presiden Gus Dur mencabut Inpres no. 14/1967 tentang pelarangan Imlek yang diteken Gus Dur pada tahun 2001. Untuk di Bandung sendiri, perayaan Imlek sudah dilakukan tapi Kirab Cap Go Meh pertama kali digelar setelah pencabutan Inpres tersebut yakni pada 2011.

Pada kirab yang terbuka untuk umum tersebut, bakal ada atraksi Tari Naga atau disebut juga Liong.  Liong adalah tiruan naga besar untuk pertunjukan pada arak-arakan Tahun Baru Cina. Sementara barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar Abad III SM.