Review

Tahura Sediakan Layanan Wisata Sepeda Gratis




Sepeda Gratis Tahura

Program wisata sepeda di Bandung kini mulai jadi trend. Sebelumnya, layanan wisata sepeda diadakan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung bekerjasama dengan Komunitas Aleut dan Komunitas Eco Transport. Kini, hadir pula layanan wisata sepeda yang digagas oleh pihak Balai Pengelola Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda, Dago, Bandung.

Gratis dan tanpa batas waktu
Selama ini, bila wisatawan jalan-jalan di kawasan ekowisata tersebut dengan berjalan kaki atau bawa sepeda sendiri. Mulai Jumat 17 Februari 2107, Balai Pengelola Tahura telah menyediakan 30 sepeda yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk jalan-jalan di area Tahura. Untuk menikmati wisata dengan sepeda tersebut, para pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

Pengunjung cukup menyimpan kartu identitas di pos keamanan. Lalu, pinjam sepeda dan bisa menikmati berkeliling di area Tahura tanpa batasan waktu. Jadi, siapa cepat dia dapat. Adapun untuk waktu menikmati kawasan Tahura dengan ngagowes tersebut, disesuaikan dengan jam operasional Tahura, yakni dari pukul 06.00 hingga pukul 18.00 WIB. Untuk peminjaman sepeda bagi pengunjung Tahura tersebut tersedia setiap hari.

Kompensasi Car Free Day (CFD) Tahura
Untuk jumlah sepeda yang ada sekarang memang masih teratas. Namun, pihak Balai Pengelola Tahura ke depannya akan terus menambah jumlah sepeda hingga mencapai 100 unit sepeda. Diadakannya layanan wisata denan bersepeda ini  merupakan bagian dari kompensasi kebijakan baru Balai Tahura yang memberlakukan car free day setiap hari Jumat dan Senin.

Pada CFD yang biasa digelar di dua hari tersebut, kendaraan roda dua dan empat dilarang memasuki kawasan Tahura. Pemilihan CFD digelar setiap Jumat dan Senin karena pada dua hari tersebut pengunjung Tahura relatif sedikit. Namun pada hari-hari lainnya, terutama weekend pengunjung biasa ramai. Hal lainnya dengan diadakannya CFD yakni untuk meminimalisir polusi di kawasan ekowisata Tahura.

Kendaraan hanya diperbolehkan sampai di kantong-kantong parkir yang disediakan Balai Pengelola Tahura. Aturan ter­se­but berlaku bagi para pe­ng­unjung, pedagang, tukang ojek, dan karyawan Tahura. Namun ada pengecualian untuk beberapa kendaraan patroli Tahura dan patroli PDAM. Untuk itu, sebagai kompensasinya, Balai Pengelola Tahura menyediakan sepeda gratis untuk bisa digunakan di dalam Tahura.

Baca juga:
Info Lengkap Harga Tiket Terbaru dan Fasilitas Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda, Dago

Lebih memudahkan berkeliling Tahura
Memang, untuk menikmati kawasan wisata Tahura harus siap fisik. Jarak dari spot wisata ke spot wisata lainnya lumayan menguras tenaga. Apalagi treknya naik turun plus lumayan berjauhan. Misalnya, bila masuk dari area parkir ingin ke spot wisata Goa Belanda atau Goa Jepang, harus berjalan kaki beberapa ratus meter dengan kondisi jalan menurun dan ara kembali menanjak.

Hal tersebut yang kadang bikin ngos-ngosan pengunjung. Namun hal tersebut biasa dimanfaatkan peungunjung sambil rekreasi sekalian berolahraga. Apalagi udara di kawasan Tahura sangat sejuk dan bagus untuk mengolah pernapasan dengan hadirnya pepohonan hijau yang ada di area Tahura. Kehadiran layanan pinjam sepeda gratis tersebut akan sangat membantu para wisatawan yang ingin lebih puas berkeliling Tahura.