Review

Arumanis "Jenggot Naga" Bandung, Jajanan Tradisional Legendaris




Aromanis Jenggot Naga Bandung

Arumanis (aromanis/arum manis/arbanat) atau biasa disebut "rambut nenek" adalah salah satu jajanan favorit zaman dulu. Zaman dulu, kalau mau beli jajanan ini cukup dengan barang rongsokan, dari botol hingga panci rombeng. Rambut nenek termasuk varian gulali selain gualali cetak, gulali gula jawa, dan gulali colek.

Bahan utama dari gulali rambut nenek atau biasa disebut arumanis ini adalah gula pasir dan tepung terigu. Umumnya gulali ini berwarna merah jambu, walau dulunya berwarna putih karena tanpa pewarna makanan seperti sekarang. Makanan sederhana berbahan gula ini dari dulu masih tetap eksis hingga sekarang.

Makanan tradisional yang tetap ngehits
Seiring perkembangan zaman, kini arumanis atau rambut nenek di jual di mall-mall hingga pusat oleh-oleh di tempat-tempat wisata. Salah satu pungusaha yang berhasil mengubah makanan jadul yang legendaris ini adalah Kang Asep. Ia memulai usaha arumanis dengan label "Jenggot Naga" tersebut mulai tahun 2009.

Mulanya, ia jualan arumanis milik kakaknya yang dalam kemasan cup. Kian hari, dagangannya makin banyak permintaan. Akhirnya dengan modal  Rp 3 juta, Kang Asep mulai menjalankan usahanya. "Saya awal usaha ini mulai dari ngambil barang punya saudara. Dan awal 2010 dengan modal Rp 3juta, saya mulai usaha ini," terang Kang Asep pada wisatabdg.com.

Dulu, awal usahanya hanya dibantu sdua orang pekerja dan tempat produksinya pun masih ngontrak. Berkat kegigihannya, kini Kang Asep memiliki tiga pabrik dan memperkerjakan 120 karyawan. Para karyawan semuanya merupakan warga di sekitar pabriknya.

Kini, usaha arumanis Kang Asep mampu menyuplai aromanis atau rambut nenek ke mall-mall, pusat oleh-oleh, dan tempat oleh-oleh di rest area di wilayah Jabodetabek. Bahkan arumanis produksi Kang Asep kin sudah merambah ke daerah seluruh Pulau Jawa hingga ke luar Pulau Jawa dengan omzet penjualan sekitar 3.000 - 5.000  pcs arumanis per harinya dengan bermacam kemasan.

Cara menjadi reseller, agen, atau distributor arumanis Bandung
Untuk harga per kemasan arum manis "Jenggot Naga", mulai Rp1.000 sampai Rp25.000. Bagi Anda yang berminat jadi reseller bisa memesan dengan minimal order 100 pcs; agen minimal 1000 pcs; dan distributor minimal pesanan 3000 pcs.

Adapun harga jual arumanis tersebut di pasaran:
- Toros: Rp11.500,
- Cup 135 gram: Rp10.800
- Cup 150 gram: Rp11.500
- Mika: Rp16.000
- Dj 1000: Rp20.000
- Dj 500: Rp50.000

Untuk info selengkapnya bisa menghubungai  telepon atau WhatsApp ke nomor 0877-2870-6777.  Atau bisa langsung mendatangi tempat produksi arumanis "Jenggot Naga" di Jln. Dago Giri no 58, Gang Aromanis. Desa Langaesari, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).