Review

Click Square: Mall Pusat Komunitas dan Industri Kreatif di Bandung





Dulu, nama bangunan di Jln. Naripan No. 89, Bandung ini dikenal dengan BeMall. Kini, mall di Bandung tersebut direnovasi total dan berganti konsep bukan hanya sekadar mall. Namanya pun berganti menjadi Click Square. Ini adalah mall pertama di Indonesia yang mengusung konsep pertama Creative-Techno Community Center dan pusat hiburan.

Kehadiran mall konsep digital ini bisa menjadi jembatan para pegiat kreatif untuk bisa melebarkan sayap ke ranah global. Mall ini telah soft launching pada 17 Maret 2017 dan grand opening-nya sendiri digelar pada 11 Mei 2017 bertajuk "Ieu Tech Creative Fest".

Mall Click Square merupakan jawaban bagi perusahaan startup. Khususnya, bagi perusahaan rintisan yang begerak di bisnis teknologi informasi berbasis digital. Click Square bertindak sebagai fasilitator para kreator Indonesia untuk terus berkarya. Visinya, hasil karya anak bangsa ini bisa tampil di dunia.

Soft launching mall ini digelar pada 17 Maret 2017 yang dimeriahkan oleh hiburan, salah satunya dari band papan atas Kahitna. Keunikan mall ini bukan hanya sebagai sentra bisnis di Bandung namun juga mewadahi komunitas lintas bidang dan industri kreatif. Mall ini hingga pertengahan April 2017 masih dalam tahap finishing dan gerai-gerai siap untuk diisi menunggu grand launching.

Area kreatif dengan fasilitas teknologi canggih
Malll berlantai 10 ini memiliki area kreatif terbesar dengan fasilitas teknologi tercanggih di Asia. Seluruh fasilitas canggih yang dimiliki Click Square bisa dinikmati pelaku bisnis kreatif Kota Bandung dan juga dari luar kota Fasilitas yang dimiliki diantaranya adalah adanya fasilitas canggih untuk keperluan industri kreatif di bidang audio, video, fotografi, dll.

Mall ini menjadi wadah komunitas industri kreatif di Kota Bandung dan luar Bandung untuk dikomersilkan ke dunia luar. Untuk penyebaran ke luar, kegiatan promosi bekerja sama dengan yayasan bernama Seventh Sky.

Adapun jumlah komunitas kreatif yang sudah terdaftar di Click Square, sampai saat ini sudah mencapai sekitar 500 komunitas. Di mall yang berdidi di lahan seluas seluas 5.958 meter persegi ini salah satunya dilengkapi dengan fasilitas video mapping terpanjang di Asia. Video mapping permanen tersebut mencapai 850 meter persegi.

Di Click Square pun terdapat studio rekaman berkelas internasional, dan sebuah panggung musik dengan kelengkapan audio video yang canggih untuk mengekspresikan karya-karya komunitas musik.

Juga ada studio greenscreen dengan segala pendukungnya, darkroom untuk mencuci karya foto, dan juga post pro editing dengan rendering farm kelas dunia yang bisa digunakan oleh komunitas fotografi dan film dalam memproduksi sebuah karya fotografi dan film. Di sini pun memanfaatkan aplikasi digital yang bisa digunakan melalui smartphone (android maupun iphone) untuk memesan makanan.

Bagi komunitas yang ingin bergabung ke dalam bagian industri kreatif Click Square, bisa dilakukan dengan melakukan registrasi di https://clicksquare.id. Akun Instagram: @clicksquare_id. Peta lokasi Click Square Mall lihat di sini.