Review

Jokowi Apresiasi Teras Cihampelas dalam Mendukung UMKM




Kunjungan Jokowi ke Teras Cihampelas Bandung

"Teras Cihampelas yang didesain, dikerjakan oleh Wali Kota Bandung, saya kira merupakan  sebuah penghargaan yang sangat baik untuk pedagang kaki lima," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (12/4/2017). Teras Cihampelas menjadi salah satu lokasi yang disambangi oleh Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung. Presiden pun mengaku senang melihat interaksi publik yang baik antara pedagang dengan warga di tempat tersebut.

Dengan berkemeja putih lengan panjang, ia lalu menaiki tangga menuju Teras Cihampelas. Datang ke kawasan itu sekitar pukul 11.30 WIB, Ridwan langsung membawa Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi berjalan-jalan di Teras Cihampelas. Kurang lebih sekitar 20 menit, Presiden berkeliling di tempat wisata kawasan Bandung Utara tersebut.

Ridwan Kamil jadi pemandu wisata
Pada kunjungan ke Teras Cihampelas, Jokowi didampingi Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Oded M Danial, Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil, dan Wakil Ketua I TP PKK Kota Bandung Siti Oded M., Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek. Dan Kang Emil (sapaan Ridwan Kamil) terlihat menjadi tour guide dadakan yang memperkenalkan seputar Teras Cihampelas kepada Jokowi dan rombongan.

Jokowi mengapresiasi kehadiran spot sky walk di Cihampelas ini. Menurutnya, kehadiran Teras Cihampelas turut mendukung tumbuh kembang UMKM. Presiden pun berharap kota lain bisa meniru langkah yang dilakukan Ridwan Kamil tersebut agar kota bisa lebih mempunyai daya tarik, khususnya dalam wisata dan pengembangan UMKM. Presiden, Gubernur, dan Wali Kota bersama istri masing-masing sempat berfoto bersama di spot kotak seperti layar instagram yang jadi ikon di tempat ini.

Jaket bomber
Saat menyusuri ruang publik di atas Jalan Cihampelas itu, Jokowi sempat terhenti melihat stand yang menjajakan jaket bomber. Jaket memang sedang ngetren di pasaran pasca digunakan Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara pada terkait aksi demo Jumat, 4 November 2016 lalu. Bandung sendiri dikenal sebagai sentra produksi jaket bomber.

Sambil berjalan dengan rombongan, Presiden pun sempat tanya jawab dengan pedagang. Selesai dari Teras Cihampelas, masyarakat langsung berebut bersalaman dan berfoto bersama dengan Jokowi. (WB-001)