Review

Wisata Belanja dan Eduksi di Kampung Batik Cigadung, Bandung




Wisata Kampung Batik Cigadung Bandung

Pada Januari 2016, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan kawasan Cigadung sebagai Kampung Batik. Hal tersebut ditandai dengan peresmian kegiatan membatik di Pondok Pesantren Al-Ikhwan, Jl. Cigadung Raya Timur, Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Semenjak diresmikan pada tahun lalu tersebut, kini kawasan Cigadung ramai dikunjungi wisatawan mancanegara maupun wisatawan Nusantara yang ingin belanja, belajar, maupun melihat-lihat batik.

Anda penasaran ingin melihat aneka batik made in Bandung? Silakan datang saja ke di Jalan Cigadung Raya Timur. Di kawasan tempat tinggal Ridwan Kamil tersebut ada destinasi wisata batik ternama: Batik Komar, Batik Hasan, dan sentra produksi batik yang dikelola Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ikhwan Tematik.

Di pesantren tersebut santri dan gurunya memiliki kegiatan membatik. Kegiatan membatik di pesantren tersebut sudah berjalan sejak tahun 2004 dan saat ini memiliki ratusan santri yang ikut terlibat dalam kegiatan membatik. Pesantren Al-Ikhwan bekerja sama dengan Batik Komar sebagai mitra.

Batik Komar
Batik Komar sendiri sudah lama dikenal sebagai sentra batik Bandung yang berkualitas dan banyak dikoleksi pejabat hingga selebritas dalam negeri. Batik Komar pun menyediakan paket wisata. Batik Komar. Lokasi Batik Komar berada di Jln. Raya Cigadung Timur 1 Nomor 5 Kota Bandung. Pendiri Batik Komar adalah pasangan suami istri H Komarudin Kudiya–Nuryanti Widya.

Pada awalnya, Batik Komar membuat desain "Batik Cirebonan" atau Batik Cirebon. Saat ini, desain Batik Komar telah dikembangkan agar lebih modern, dikombinasikan dengan kreasi baru desain kontemporer, yang unik, tematis dan juga tetap up to date dengan tren mode terkini, sehingga bisa memberi nilai prestise. Untuk mereka yang memakainya.

Showroom Batik Komar sendiri sudah ada sejak 1998. Selain di Cigadung, showroom-nya ada juga di Jln. Sumbawa, Bandung. Kini, Batik Komar pun menghadirikan layanan program Edu-Wisata bagi wisatawan yang dibuka mulai Senin sampai Sabtu.

Batik Hasan
Sementara Batik Hasan memproduksi batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi. Batik tulis dalam proses pembuatannya menggunakan canting untuk membentuk motif yang diinginkan. Adapun batik cap menggunakan cap berbahan tembaga. Batik kombinasi merupakan kombinasi antara cap dan canting. Batik Hasan memiliki ragam hias  akni batik tambal (patch work batik) dengan efek 3 dimensi yang menggunakan proses cap, canting, colet dan celup.

Batik Hasan memulai pengembangan usahanya pada 1978, dan mengalami masa kejayaan hingga tahun 1997. Selain memproduksi kain batik dan baju juga membuat keperluan interior seperti tirai, seprai, sarung bantal, tatakan dan tutup gelas.

Rute ke Kampung Batik Cigadung, Bandung
Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kampung Batik Cigadung, bisa keluar tol Pasteur - lurus ke arat barat naik jembatan layangan Pasupati - Gasibu/Jln. Suci - Pusdai - Jalan Pahlawan - stopan/perempatan belok kiri ke Jalan Pahlawan - terus saja ke atas menuju Jln. Cigadung Raya. Rute lainnya bisa melalui Jalan Ir H Djuanda/Dago lewat Jln. Tubagus Ismail - Cigadung.

Rumah Batik Komar
- Jl. Cigadung Raya Timur 1 No. 5 Bandung
- Jl. Sumbawa No. 22 Bandung

Kontak: 022-2514788 / 022-4237688

Instagram: @batikkomar