Review

Korean Street Akan Hadir di Kota Bandung




Korean Street di Bandung

"ANNYEONG HASEYO. Dalam rangka kerjasama masyarakat Bandung-Seoul. Dalam waktu dekat akan dihadirkan Korea Street. Jalan sepanjang 500 meter dengan tema all about Korea, ada resto/cafe/toko fashion dll sebagai destinasi wisata Daebak baru di Bandung. Mudah2an bisa diresmikan barengan dengan selesainya Flyover hibah dari perusahaan Korea. Target bulan oktober selesai. Doakan lancar. KAMSAHAMNIDA *foto: Cafe Chingu Jln Sawung Galing." Itulah postingan yang diunggah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di akun instagramnya pada 6  Mei 2017.

Setelah kerja sama antara Pemerintah Kota Bandung dan Kota Seoul, Korea Selatan beberapa waktu yang lalu, Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil akhirnya mendapat tawaran hibah dari pengusaha asal negeri gingseng itu untuk pembangunan fly over baru di Bandung. Rencananya, teknologi fly over yang akan dibangun sama dengan Overpass Pelangi Antapani.

Nilai hibah yang akan diberikan oleh pengusaha asal Korea itu berkisar antara Rp20-25 milyar. Mereka meminta pemerintah kota untuk segera menentukan titik mana yang akan dibangun infrastruktur jalan tersebut.

“Makanya kita lagi ngebut untuk mengkaji titiknya di mana. Mungkin di Jalan Garuda yang macet dengan rel kereta dan riweuh, kemungkinan bisa di Soekarno-Hatta. Kita usulkan tiga pilihan,” ungkap Kang Emil di Pendopo Kota Bandung, Kamis (4/5/2017).

Berdasarkan hasil perbincangannya dengan pemberi hibah, Kang Emil mengatakan mereka akan sanggup mengerjakan infrastruktur tersebut dalam waktu dua bulan, lebih cepat empat bulan dari overpass Antapani. Dengan demikian, manfaat dari fly over tersebut dapat dirasakan warga Bandung jauh lebih cepat.

Pusat pertukaran budaya
Ia menambahkan, sebagai wujud kerja sama bilateral antara kedua pihak, Kang Emil juga menyiapkan satu area yang akan dijadikan sebagai pusat pertukaran budaya Indonesia dan Korea di Kota Bandung bernama Korean Street. Rencananya, Korean Street akan berada di Jalan Banten sepanjang 300 meter.

“Nanti temanya Korea, restoran Korea, toko Korea, dan sebagainya,” katanya. Adapun yang akan mengisi Korean Street tersebut merupakan kerja sama antara wirausahawan lokal dan Korea Selatan.

Pembangunan Korean Street tersebut diharapkan bisa selesai bersamaan dengan selesainya konstruksi jembatan. Sebab Ridwan telah mengundang Wali Kota Seoul Park Won Soon untuk bisa hadir dalam peresmian kedua pembangunan itu.

“Saya juga sudah minta ke pemilik fly over, undanglah oppa-oppa (oppa=sebutan untuk kakak laki-laki Korea-red) dari Korea Selatan, opsi pertama masih Lee Min Ho,” ujarnya seraya berkelakar. (Humas Setda Kota Bandung)