Review

Menikmati Java Preanger Coffee di Kopi Malabar Pangalengan




Kopi Malabar Indonesia Pangalengan

Pamor Java Preanger Coffee kini kembali terangkat di kalangan penggemar kopi Indonesia juga mancanegara. Kopi dari Jawa Barat tersebut sebenarnya sudah dikenal sejak zaman kolonial dahulu. Namun karena beberapa penyebab, salah satunya hama, Java Preanger Coffee sempat mati suri.

Di era kekinian, kopi khas Jabar tersebut semakin dikenal di dunia. Beberapa penghargaan pernah disabet di luar negeri. Untuk mendukung bangkitnya kembali kopi Jawa Barat tersebut, pihak Pemprov Jabar pun rutin menggelar event, salah satunya Ngopi Saraosna yang biasa digelar di Gedung Sate.

Coffeeshop
Penasaran dengan kopi khas Priangan tersebut? Anda bisa menjajal tempat ngopi murni yang ada di daerah Pangalengan. Namanya Kopi Malabar Indonesia. Lokasinya terhitung mudah dijangkau, dari keluar tol Buah Batu ambil kanan ke arah Bojongsoang - Baleendah - Banjaran - Pangalengan.

Saat sampai di daerah Pasirmulya Pangalengan belok kiri ke arah Jln. SMPN 1 Pasirmulya. Jarak dari jalan raya sekitar 2 km dengan menyusuri jalan kampung menuju perkebunan teh. Mentok di kebun teh, di sanalah Kopi Malabar Indonesia berada. Di sini, ada coffee shop dimana Anda bisa menyeruput aneka kopi andalan Java Preanger Coffee, salah satunya kopi luwak.

Selain menikmati kopi, pengunjung pun bisa membeli aneka jenis kopi yang sudah dikemas. Di sebelah coffee shop, pengunjung bisa melihat aneka kandang luwak untuk budidaya kopi luwak. Adapun untuk harga secangkir kopi dibanderol Rp15.000 - Rp30.000. Suasana di sini pas banget buat nongkrong. Coffe shop di sini pun biasa jadi tempat ngumpul para penggemar olahraga motor trail.

Kelompok Tani Rahayu
Sejarah Kopi Malabar Indonesia berawal dari Kelompok Tani Rahayu yang bergerak di bidang budidaya hortikultura yang diresmikan 24 September 1992. Pada 2009, LMDH Rahayu Tani mendapatkan Hak Kelola Hutan Pangkuan Desa dari Perhutani KPH Bandung Selatan, BKPH Banjaran RPH Logawa seluas 60 hektare dengan pola PHBM. Adapun garapannya antara lain: revitalisasi lahan garapan yang terlantar; Penanaman kebun kopi baru; pembangunan lahan pembibitan Kopi Malabar Indonesia; hingga budidaya kopi luwak.

Kopi Malabar Indonesia membudidayakan luwak dengan standar pemeliharaan mengikuti Program Panca Usaha Peternakan didukung tenaga ahli di bidangnya. Kopi Malabar Indonesia telah berhasil membudidayakan luwak sehingga membantu upaya konservasi hewan lindung jenis ini.

Penangkaran Luwak Malabar merupakan penangkaran luwak terbersih yang ada di Indonesia (Puslitkoka 2011). Karena pengalamannya di bidang tata kelola penangkaran untuk memproduksi kopi luwak, Kopi Malabar Indonesia dipercaya menjadi TUK oleh Asosiasi Kopi Luwak Indonesia (AKLI).

Kopi Malabar Indonesia
Kantor Pangalengan
Jalan SMPN 1 Pasirmulya RT 05 RW 14
Kecamatan Pangalengan – Kabupaten Bandung

Website: kopimalabarindonesia.com
Telepon: (022) 5979435 / 0821-2613-6031
Lihat peta lokasi di sini.

Kantor Bandung
Jalan Yupiter Utama Blok E2 No 106
Kecamatan Buah Batu – Kota Bandung