Review

Ngopi Saraosna Vol. 2 Digelar di Gedung Sate 13 -14 Mei 2017




Ngopi Saraosna Vol 2 di Gedung Sate

Anda pencinta kopi? Jangan lewatkan event Ngopi Saraosna Vol. 2 "Kopi Tubruk Tangtos di Dieu" yang bakal digelar pada Sabtu, 13 Mei 2017 pukul 14.30 - 22.00 WIB di  Gedung Sate Bandung. Acara serupa pernah digelar oleh Pemprov Jabar di lokasi yangan sama pada 19 Maret 2017 lalu. Kegiatan ini merupakan kerja sama Pemprov Jabar dengan para petani kopi di berbagai daerah di Jawa Barat. Dalam event ngopi gratis, para pengunjung bisa menikmati sajian kopi dari puluhan stand gratis.

Ngopi Saraosna (B. Indonesia = Ngopi Senikmatnya) merupakan ajang promosi potensi kopi di Jawa Barat. Upaya untuk memperkenalkan produk kopi Jawa Barat memang sedang gencar dilakukan. Maklum saja, 6 dari 20 kopi terbaik di dunia berasal dari Jawa Barat, salah satunya dari Gunung Puntang yang mendunia. Biji kopi yang ditanam di pegunungan Puntang berhasil menjadi juara dunia dalam salah satu festival internasional. Festival kopi dunia ini digelar di Atlanta 2016 silam.

Jawa Barat sejak dulu dikenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia dengan sebutan Java Preanger Coffee. Namun sekitar tahun 1922 para petani di Jabar sempat terpuruk karena tanaman kopi punah akibat serangan hama penyakit kopi. Belakangan ini kopi di Jabar semakin dikenal lagi. Dan bahkan berhasil menduduki posisi 1, 2, 4, 9, 11, dan 17 dunia.

Selain didukung oleh tanah yang subur, bibit kopi Jabar yang pertama kali ditanam berasal dari bibit terbaik di dunia yakni asal Kenya. Sementara kebanyakan daerah lain mendapat bibit yang sama dari Kenya namun hasil pembibitan dari negara lain seperti Timur Tengah.

Peningkatan kualitas itu pun kini telah didukung dengan program pemerintah berupa pemberian lima juta bibit unggul yang telah lulus sertifikasi pada tahun 2016 lalu. Bibit tersebut akan berbuah sekitar satu tahun sehingga di akhir 2017 nanti bisa dipanen.

Dalam event Ngopi Saraosna, berbagai merek dan daerah menyajikan kopi-kopi unggulannya. Selain bisa menyicipi kopi gratis di setiap stand, pengunjung yang datang pun bisa membeli produk yang dijual. Untuk event kali ini, kegiatan akan dimeriahkan talk show, pemutaran video dan pameran foto, pengumuman lomba foto. Rangkaian acara lainnya:
- Mustache and beard
- Pameran dan bazar kopi, peralatan, produk turunan kopi
- Nobar film pendek "Kelana Roda Dua"
- Nobar Pertandingan Persib VS Semen Padang
- Live band dan performance art
- Launching aplikasi Tukangku Jabar