Review

Lautan Massa Penuhi Buka Bersama On The Street (Bubos) 2017




Bukber Bersama On The Street Bubos 2017

Sabtu, 17 Juni 2017 sore di sepanjang Jln. Asia Afrika lebih dari 10.000 massa memenuhi jalan di pusat kota tersebut. Dalam kegiatan bertajuk Buka Berkah On The Street (Bubos) tampak hadir Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan istri Atalia Kamil. Acara disemarakkan pula dengan hadirnya dua penyanyi ibu kota, Afgan dan Cakra Khan. Keduanya berhasil memukau warga yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan akbar Buboss (Buka Berkah On The Street) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan di Kota Bandung dan merupakan penutup rangkaian kegiatan dari program Buka Berkah Ramadhan. Acara yang dipusatkan di dekat Gedung Merdeka tersebut dihadiri komunitas-komunitas, unsur Muspika, serta SKPD Kota Bandung. Sebanyak 102 komunitas hadir berpartisipasi dalam event tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 3 sorea sampai magrib ini berlokasi di Jln. Asia Afrika depan Hotel Preanger sampai ex-Palaguna Nusantara. Dalam kegiatan ini, rombongan komunitas yang hadir masing-masing berjumlah 50 orang dan termasuk mengajak kaum dhuafa 10 orang. Acara buka puasa bersama yang tidak dipungut biaya ini, peserta membawa konsumsi dan bingkisan sendiri untuk kaum dhuafa yang diajaknya. Tampak komunitas-komunitas  yang hadir mengenakan dresscode ciri khas masing-masing.

Saat waktunya berbuka, ribuan massa yang hadir tersebut menikmati hidangan gratis yang disediakan. Makanan tersebut adalah sumbangan dari para pelaku usaha kuliner di Kota Bandung. Acara Buboss dimeriahkan dengan menampilkan pemenang di kegiatan Buka Berkah Ramadan yang meliputi lomba adzan, hafidz Al Qur'an dan da'i cilik selain itu dimeriahkan oleh rampak bedug yang mengiringi fashion show busana muslimah.

 "Mudah-mudahan ini menjadi tradisi baru bahwa semua orang bisa berbagi di bulan yang mulia dan penuh barokah," ujar Ridwan Kamil.

Ia menekankan bahwa kegiatan tersebut tidak melibatkan dana APBD, melainkan hasil kerja sama dan kolaborasi antara komunitas dan para donatur.

"Ini juga menjadi khas warga Bandung, bahwa hidup adalah udunan. Jadi siapapun, dengan gotong royong dan kolaborasi bisa membawa kebahagiaan kepada seluruh warga Bandung," tambahnya.

Sebelum kegiatan, pendaftar untuk mengikuti Buboss berasal dari forum komunitas hingga yayasan panti. Untuk kegiatan buka bersama akbar ini, panitia tidak membatasi pendaftar yang mengikuti acara tersebut. Sementara selama berlangsung kegiatan, Jalan Asia Afrika ditutup. Jalan Asia Afrika ditutup mulai pukul 12.00 WIB. Untuk personel pengamanan dan pengaturan lalu lintas berbeda dengan CFN. Jika CFN sekitar 65 personel, untuk Bubos ini dua kali lipat diturunkan personel ditambah dari Polsek Lengkong, Regol, dan Sumur Bandung.