Menghadapi Lebaran 1438 H, Bank bjb Siapkan Dana Likuiditas Rp 9,6 Triliun




Buka puasa bersama Bank BJB

Mengantisipasi kebutuhan dana masyarakat di bulan Ramadhan dan menjelang hari libur Lebaran, bank bjb akan menyiapkan dana likuiditas sekitar Rp. 9,6 triliun yang akan didistribusikan ke seluruh jaringan kantor bank bjb yang tersebar di Indonesia terutama ke sejumlah kota tujuan mudik.

Dana yang disiapkan untuk menghadapi libur Lebaran tahun ini meningkat 30 persen dibanding alokasi yang disiapkan pada bulan Ramadan dan menjelang Lebaran tahun lalu. Hal ini dikarenakan oleh turunnya bantuan Dana Sertifikasi Guru, Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Gaji Karyawan, Gaji ke-13 dan 14.

Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan menyampaikan, “bank bjb juga menerima layanan penukaran uang di semua Kantor Cabang bank bjb. Namun selama bulan Ramadan 1438 H bank bjb melalui Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pemkot Bandung yang ditunjuk bersama bank-bank lain secara khusus melayani penukaran uang di sekitar Bank Indonesia untuk wilayah Bandung."

Sedangkan untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang ditunjuk secara khusus adalah Kantor Cabang (KC) BSD, KC. Daan Mogot, KC. Gajah Mada, KC. Hasyim Ashari, Kantor Cabang Khusus (KCK) Jakarta, KC. Kebayoran Baru, KC. Rasuna Said, KC. Rawamangun, KC. SParman, dan KC. Saharjo" ujar Irfan kepada wartawan, Senin malam di acara Media Gathering Ramadhan yang dilaksanakan di Shangri-La Hotel, Jakarta (12/6/2017).

Menurut data, Bank Indonesia telah menyediakan uang kartal untuk persiapan lebaran senilai Rp167 triliun.‎ Uang kartal tersebut telah disebarkan ke seluruh kantor perwakilan BI di Indonesia untuk kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Bank Indonesia juga menghimbau agar masyarakat menukarkan uang baru untuk persiapan Lebaran di tempat resmi. Hal itu dilakukan untuk mencegah peredaran uang palsu.

Layanan penukaran uang pecahan kecil
Selain pasokan uang, BI juga akan menggandeng beberapa bank, termasuk bank bjb dalam menyiapkan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) melalui mobil layanan kas yang dilaksanakan mulai tanggal 5 - 16 Juni 2017 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya yang dilaksanakan di Lapangan IRTI Monas.

Sedangkan untuk wilayah Bandung dan sekitarnya dimulai pada tanggal 5 - 22 Juni 2017 yang dilaksanakan di sejumlah tempat seperti Monumen Perjuangan Rakyat, Lapangan Tegalega, Alun-alun Ujungberung, Alun-alun Cimahi, Halaman Parkir Balai Kota Bandung dan Asia Afrika (Jl. Dr. Ir. Sukarno).

Ahmad Irfan menambahkan, “selain penukaran UPK melalui mobil layanan kas, kegiatan penukaran uang juga dilaksanakan di semua kantor cabang bank bjb yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan ini juga sejalan dengan upaya pihak regulator dalam hal clean money policy dan mencegah peredaran uang palsu.” tutup Irfan.

Layanan weekend banking
Kemudian untuk menyesuaikan layanan pada libur bersama Lebaran, bank bjb pun membuka layanan weekend banking yang akan tetap beroperasi seperti biasa dan hanya tutup pada tanggal 24-25 Juni 2017. Namun nasabah bisa menggunakan layanan non operasional kantor dengan e-channel seperti bjb ATM, bjb NET, bjb SMS, bjb EDC (bjb DIGI).

Sementara menurut Senior Vice President Divisi Corporate Secretary Hakim Putratama, “Layanan menjelang liburan Lebaran didukung oleh jaringan 1.213 ATM. ATM bank bjb, tersebar di wilayah strategis Indonesia serta seluruh jaringan ATM Bersama dan Jaringan PRIMA yang tersebar di Indonesia. Jumlahnya, mencapai puluhan ribu.”

“Selain penarikan uang tunai, seluruh layanan e-channel ini menyediakan sarana yang memungkinkan nasabah bertransaksi dengan nyaman dan aman. Yakni, berupa informasi rekening, transfer, pembayaran air, telepon, kartu kredit, televisi berlangganan, internet, isi ulang pulsa dan layanan perbankan lainnya.” tutupnya. (Corsec Bank bjb)

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS