Review

Inilah Daftar Shelter Sepeda Wisata "Bike Sharing Boseh" di Kota Bandung




Tempat Shelter Sewa Wisata Sepeda di Bandung

Pada bulan Juli 2017, Kota Bandung meluncurkan "Bike on the Street Everybody Happy (Boseh)". Program wisata dengan sewa sepeda ini masih dalam tahap uji coba selama dua bulan. Dan untuk sementara peminjaman sepeda dilakukan secara gratis. Jika dinilai berhasil, program ini akan diluncurkan secara resmi. Dalam jumpa media di Pendopo Kota Bandung Senin, 10 Juli 2017, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, dalam masa uji coba para petugas akan ditempatkan di titik-titik penyewaan sepeda.

Program "Bike Sharing Boseh" tersebut merupakan upaya Pemkot Bandung untuk sedikit mengurangi kemacetan. Warga yang datang dan berwisata ke Bandung tak berkeliling menggunakan kendaraan pribadi, melainkan dengan sepeda. Nantinya, para wisatawan dapat mempergunakan sepeda untuk berjalan-jalan dari satu titik ke titik lain. Sepeda yang disewakan tersebut dirancang dengan teknologi antimaling.

Sementara, sistem pembayaran sewa sepeda akan menggunakan kartu yang bisa didapat di outlet penyewaan. Bike sharing ini, tambah Kang Emil, pada dasarnya akan menggunakan kartu dulu sampai suatu hari dipopulerkan oleh media. Kartu sewa ini bisa diproduksi di perbankan yang memiliki sistem IT. "Boseh" merupakan program kolaborasi antara Pemkot Bandung dengan Banopolis. Adapun ke depannya, untuk biaya sewa dirancanga Rp750 s.d Rp1.500 per 30 menit.

Beberapa tempat wisata populer di Bandung bisa Anda sambangi satu per satu. Misalnya bila Anda sewa sepeda di shelter Museum Geologi bisa jalan-jalan ke Gedung Sate, Gasibu, Taman Lansia, dan lokasi terdekat lainnya di kawasan tersebut. Atau Anda yang sedang berada di kawasan Alun-Alun Bandung bisa sewa sepeda untuk jalan-jalan dengan rute perjalanan ke Gedung Merdeka, Jln. Asia Afrika, Jln. Braga, Cikapundung, Jln. Dalem Kaum, Pasar Baru, dll.

Anda pun dari kawasan Alun-Alun tersebut bisa sekalian mengarahkan perjalanan ke Jln. Braga - Jln. Perintis Kemerdekaan (Viaduct) - langsung tembus ke area Taman Balai Kota Bandung (Jln. Wastukencana). Dan untuk kembali ke Alun-Alun dari kawasan Balai Kota bisa lewat Jln. Merdeka (arah rel) - Jln. Lembong - Jln. Tamblong - belok kanan kembali ke Jln. Asia Afrika (Alun-Alun).

Baca juga:
Cara Registrasi, Lokasi Shelter, dan Jam Operasional Bike Sharing Bandung

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba wisata dengan meminjam sepeda, tinggal memperlihatkan tanda pengenal (KTP/KTM/Paspor) di  lokasi-lokasi shelter penyewaan berikut:
1. Museum Geologi/Loop Station
2. Taman Lansia
3. SMAN 20 Bandung (Masjid Istiqomah)
4. Alun-Alun Selatan
5. Alun-Alun Utara
6. Jln. Dalem Kaum
7. Taman Pramuka
8. Taman Cibeunying