Review

Kedai Kopi Mang Japra, Tempat Pilihan Menikmati Kopi Asli Jawa Barat




Kedai Kopi Mang Japra Jalan Salendro Bandung

Jawa Barat adalah salah satu provinsi penghasil kopi berkualitas di Indonesia. Kopi priangan khas Jabar tidak kalah dengan kopi lain yang sudah mendunia seperti, Aceh, Gayo, Toraja, Wamena, dll. Kopi yang dihasilkan dari tanah Pasundan pun memiliki karakteristik yang kuat dan mulai diincar penikmat kopi di dunia; terlebih setelah beberapa produk kopi dari dataran tinggi di Jawa Barat bisa meraih penghargaan tinggi di nasional dan dunia.

Namun sangat disayangkan tata kelola kopi yang masih minim, menyebabkan kopi yang di tatar Pasundan tidak bisa menjadi tuan rumah di tanahnya sendiri. Hasil panen kurang maksimal serata kurangnya pengetuahuan cara pengolahan kopi yang baik dan benar menyebabkan petani kopi hanya menjual hasil panennya dalam bentuk buah atau biji saja tanpa menyadari potensi besar di balik itu semua.

Sebagian warga Jabar pun tidak menyadari kalau selama ini mereka hidup dikelilingi oleh hutan kopi. Menurut catatan Dinas Perkebunan, Lahan perkebunan di Jabar saat ini,berdasarkan data BPS mencapai 494.900 hektare atau 13.28 persen dari luas total wilayah Jabar. Tanaman kopi terbesar mengelilingi wilayah jabar mulai dari daratan tinggi Lembang, Manglayang, Pangalengan, Ciwidey, Sumedang, Garut, Mega Mendung Bogor serta banyak daerah lainnya.

Mang Japra sendiri muncul sebagai ikon sosok orang Priangan (Sunda) asli dengan nama khas yang klasik dan "nyunda". Selain itu, juga untuk mengingatkan kita salah satu nama varietas kopi terbaik dunia yang ada di Jabar yaitu sebagai kependekan dari Java Preanger yang telah ditanam sejak abad ke-16 di tatar sunda.

Kopi Mang Japra selain menjual aneka kopi kemasan, juga buka warung kopi di Jln Salendro no. 17 B Bandung [lihat peta lokasi]. Di kedai kopi Mang Japra selain bisa membeli kopi yang telah diolah dan bisa diseduh di rumah, juga bisa menikmati kopi di kedai tersebut sambil nongkrong. Harga kopi Mang Japra mulai Rp17.000-Rp250.000. Di kedai kopi Mang Japra juga ada kopi hijau yang cocok diminum oleh orang yang lagi diet. Untuk info kopi Mang Japra bisa  menghubungi telepon ke 0813-2404-0404 (Rony) atau 0851-0121-3281 (Monza).