Review

Wisata Belanja Kampung Topi di Desa Rahayu, Kabupaten Bandung




Sentra topi Desa Rahayu Margaasih Kabupaten Bandung

Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung dikenal sebagai sentra pengrajin topi yang sudah dirintis sejak 1960-an. Selain di sejumlah kota besar di Indonesia, produk topi dari desa ini juga sudah menembus pasar global, antara lain sudah dipasarkan di negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Meskipun demikian para pelaku UKM di desa ini membutuhkan metode yang lebih modern untuk memasarkan produknya. PT Telkom Indonesia yang mencanangkan Kampung UKM Digital membuat sentra topi di desa ini dapat memasarkan produknya secara online juga sekaligus sebagai kawasan wisata belanja.

Kampung UKM Digital yang merupakan kolaburasi Penta-Helix antara Academics, Business, Community, Government and Media (ABCGM) ini, diharapkan akan mempercepat pengembangan kemampuan pelaku UKM khususnya di Desa Rahayu.

Selain dapat membeli dan memesan produk topi, di desa ini juga terdapat toko-toko yang menyediakan perlengkapan bahan untuk pembuatan topi seperti kain, kancing, hingga pembuat bordiran (embroidery). Sentra industri rumahan ini mampu menampung ribuan tenaga kerja yang bukan hanya berasal dari kawasan Rahayu sendiri. Di rumah-rumah di kawasan ini banyak para pekerja yang setiap hari memproduksi topi. Adapun topi yang dibuat oleh para pengrajin antara lain topi distro, topi sekolah, hingga topi untuk perlengkapan PDL.

Kawasan sentra topi Desa Rahayu sendiri terletak tak jauh dari kawasan sentra tekstil Cigondewah. Untuk aksesnya, bisa keluar tol Kopo ke arah kiri menuju Cirangrang - Cibolerang - Cigondewah (jembatan tol) - Sindang Palay - Rahayu. Atau bisa juga melalu jalur keluar tol Kopo - kanan ke Kopo Sayati - masuk ke arah perumahan Taman Kopo Indah (TKI) I dan II - Desa Rahayu. Sepanjang jalan dari arah jembatan tol - Sindang Palay - Desa Rahayu berjejer toko-toko penjual topi. Selain Cigondewah, kawasan ini pun bertetangga dengan sentra pengrajin tas yang ada di kawasan Sadang/Bihbul, Sayati.